bantuan indonesia untuk afrikaBangui, LiputanIslam.com – Setelah beberapa waktu lalu Iran mengirimkan bantuan bagi para pengungsi ke Republik Afrika Tengah, kemarin Dompet Dhuafa dari Indonesia juga memberangkatkan tim Kemanusiaan pada Rabu (19/3) ke negara termiskin ke-5 di dunia tersebut ,dengan dana anggaran sejumlah 1 miliar.

Menurut Dompet Dhuafa, krisis yang terjadi di Afrika Tengah adalah krisis kemanusiaan, karenanya lembaga yang pada awalnya digagas para jurnalis tersebut, merasa terpanggil untuk turun tangan dan memberikan bantuan.

Dompet Dhuafa sendiri menyatakan sikap mengutuk keras genosida atau pembantaian yang terjadi di Afrika Tengah dan juga menyerukan kepada dunia internasional untuk bersama-sama menggalang sinergi membantu rakyat Afrika Tengah yang terancam krisis pangan serta  mengimbau kepada rakyat Indonesia khususnya untuk peduli terhadap penderitaan rakyat di negara lain.

“Aksi yang akan Dompet Dhuafa lakukan di sana pastinya akan berfokus ke korban, para pengungsi. Untuk daerah konflik, bencana seperti yang terjadi di Afrika Tengah, yang pertama dilakukan Dompet Dhuafa  adalah relief,” jelas Nana Miranti, Direktur Komunikasi dan Hubungan Eksternal Dompet Dhuafa.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA), lebih dari setengah populasi Afrika Tengah kini membutuhkan bantuan kemanusiaan. Diperkirakan 2,5 juta orang—lebih dari setengah dari 4,6 juta penduduk negara tersebut—membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Lebih dari 701.500 jiwa sudah mengungsi karena semakin meningkatnya kekerasan di pusat Afrika Tengah. Diperkirakan sebanyak 276.500 jiwa tersebar di 62 titik di Ibu Kota, Bangui. Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi pengungsi, UNHCR, melansir sebanyak 290.801 warga Afrika Tengah mengungsi di negara-negara tetangga seperti Kamerun, Chad, dan Republik Demokratik Kongo.(lb/dd)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*