dokter indiaMumbai, LiputanIslam.com — Tim dokter India berhasil mencabut 232 gigi milik seorang pemuda India pemegang rekor gigi terbanyak. Demikian laporan BBC dari India, Kamis (24/7).

Ashik Gavai, seorang remaja berumur 17 tahun, dibawa ke rumah sakit karena pembengkakan pada rahang kanannya, demikian keterangan Dr Sunanda Dhiware, kepala departemen gigi rumah sakit JJ Hospital, Mumbai, kepada BBC.

Gavai telah menderita sakit selama 18 bulan dan dikirimkan ke Mumbai setelah dokter lokal di desanya gagal mengidentifikasi penyakit yang dideritanya.

Para dokter menyebut kondisi yang dialami Gavai sebagai “sangat jarang” dan “rekor dunia”.

“Penyakit Ashik didiagnosa sebagai “complex composite odontoma” dimana satu gusi membentuk beberapa banyak gigi. Ini sejenis tumor awal,” kata Dr Dhiware.

Operasipun dilakukan pada hari Senin (21/7) dengan melibatkan 2 ahli bedah dan 2 asisten. Setelah 232 gigi berhasil dicabut, kini Ashik hanya memiliki 28 gigi saja.

Menyebut kasus tersebut sebagai “sangat jarang”, Dr Dhiware menyebut tidak pernah melihat kasus seperti itu selama 30 tahun kariernya sebagai ahli gigi. Namun ia menyebut hal itu menjadi tantangan yang menyenangkan.

Menurut penelitiannya, sejauh ini kasus serupa yang pernah terjadi adalah munculnya 37 gigi di bagian rahang atas. Namun dalam kasus Ashik, gigi yang tumbuh mencapai ratusan.

Ayah Ashik, Suresh Gavai, mengatakan kepada Mumbai Mirror bahwa anaknya menderita sakit sejak sebulan lalu.

“Saya khawatir ini adalah penyakit kanker, maka saya membawanya ke Mumbai,” katanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL