suu kyi marahYangoon, LiputanIslam.com — Tokoh Myanmar yang diagung-agungkan sebagai pejuang HAM dan demokrasi, mengagetkan para pendukungnya sendiri setelah memperlihatkan sikap tidak simpatik kepada seorang presenter Muslim yang mewawancarainya.

Seperti dilaporkan Press TV, Sabtu (26/3), Suu Kyi marah kepada presenter BBC Mishal Husain setelah terpojok dalam wawancara tentang pembantaian orang-orang Muslim Rohingya di Myanmar.

“Tidak akan yang memberitahukan saya bahwa saya akan diwawancarai oleh seorang Muslim,” kata Suu Kyi usai wawancara itu, setelah Mishal Husain menyinggung tentang peranannya selama pembantaian orang-orang Rohingya tahun 2013.

Wawancara itu sendiri dilakukan pada bulan Oktober 2013. Demikian tulis Press TV. Adapun yang pertama mengungkap peristiwa ini adalah Peter Popham, jurnalis media Inggris The INdependent dan penulis buku tentang Suu Kyi, “The Lady and The Generals: Aung San Suu Kyi and Burma’s Struggle for Freedom.”

Namun Popham tidak mengungkapkan siapa pembocor informasi itu kepadanya. Ia hanya menyebutnya sebagai ‘sumber terpercaya’.

Dalam wawancara itu Suu Kyi menolak untuk mengutuk pembantaian orang-orang Muslim Rohingya Muslims, menyebut hal itu sebagai ‘bukan pembersihan etnis’.

“Orang-orang Muslim telah menjadi sasaran kekerasan, namun juga orang-orang Budha. Ada ketakutan di kedua pihak,” katanya.

Pemenang hadiah Nobel Perdamaian itu mendapatkan kecaman luas karena reaksinya yang dianggap tidak sesuai dengan predikat yang disandangnya.

Orang-orang Muslim Rohingya telah mengalami banyak penyiksaan, penelantaran dan penindasan oleh negara selama bertahun-tahun. Sejumlah besar dari mereka telah tewas dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggalnya akibat aksi-aksi kekerasan oleh para ekstremis Budha sejak tahun 1948. Namun aksi-aksi kekerasan melonjak tajam beberapa tahun terakhir.

PBB menetapkan kaum Muslim Rohingnya sebagai kaum yang paling tertindas di dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL