mrjTokyo, LiputanIslam.com — Setelah ditunda selama 4 tahun, Jepang akhirnya merilis pesawat jet penumpang pertama buatan dalam negeri yang dikembangkan oleh perusahaan Mitsubishi Heavy Industries (MHI), Sabtu (18/10).

Seperti dilaporkan BBC News, peluncuran pesawat Mitsubishi Regional Jet (MRJ) dilakukan di Nagoya Aerospace Systems Works di Provinsi Aichi, setelah sempat tertunda selama 4 tahun. Penerbangan pertama dijadwalkan akan dilakukan April atau Juni tahun depan.

“Sebuah produk “Buatan Jepang”, produk yang menawarkan tingkat tertinggi antara kenyamanan kabin dan ke-ekonomian,” kata CEO MHI Hideaki Omiyo dalam pernyataannya.

“Dengan kepercayaan dan kebanggaan tertinggi, kami akan segera mengirimkan pesawat ke dunia,” tambahnya.

Upacara peresmian dihadiri oleh Menteri Transportasi dan Infrastruktur dan pejabat-pejabat terkait lainnya serta presiden perusahaan penerbangan ANA Holdings.

“Kami berharap untuk mendapatkan pesawat ini pada tahun 2017,” kata Presiden ANA Holdings Shinichiro Ito.

Sementara itu wakil menteri transportasi menyebutkan bahwa pembuatan pesawat ini akan meningkatkan industri penerbangan Jepang.

Saat ini industri pesawat berpenumpang di bawah 100 orang masih dikuasai oleh perusahaan Brazil Embraer S.A. dan perusahaan Kanada Bombardier Inc. Namun Mitsubishi berharap bisa mengalahkan keduanya dalam waktu 20 tahun, dan berharap permintaan global atas pesawat sejenis mencapai 5.000 pada tahun 2030, demikian Bloomberg melaporkan.

“Sementara Tokyo tengah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, pesawat ini diharapkan dapat mendorong ekonomi Jepang,” kata Yoshiharu Ueki, Presiden Japan Airlines Co.

Untuk tahap awal Mitsubishi akan membuat 2 model pesawat, berpenumpang 78 dan 92. Model untuk jumlah penumpang yang lebih besar akan dibuat kemudian.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL