Jembatan Kapuas12Pontianak, LiputanIslam.com — Jembatan Kapuas I ditutup sementara bagi kendaraan roda empat ke atas hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini dilakukan setelah jembatan tersebut ditabarak oleh ponton pengangkut pasir, hari Selasa (3/6).

“Penutupan Jembatan Kapuas I mulai dilakukan Rabu malam (4/6) mulai pukul 21.30 WIB, sehingga hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua saja,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Ajun Komisaris Besar (Pol) Mukson Munandar di Pontianak, Kamis (5/6).

Sebelumnya, Selasa (3/6) sekitar pukul 11.00 WIB Jembatan Kapuas I kembali ditabrak oleh ponton pengangkut pasir yang dinakhodai Robert Simanjuntak (58) yang kini sudah ditahan oleh Polair Polda Kalbar.

Mukson menjelaskan penutupan itu berdasarkan rekomendasi dari tim teknis Kementerian Pekerjaan Umum pusat dan Kalbar.

“Penutupan Jembatan Kapuas I untuk kendaraan roda empat keatas sehubungan daya beban jembatan dan kondisi terakhir pada pilar penyangga jembatan pasca tabrakan serta aspek keselamatan pengguna jalan,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat keatas yang akan menuju wilayah Kecamatan Pontianak Timur dan Utara bisa melewati Jembatan Kapuas dua dan fery penyeberangan, kata Mukson.

Kabid Humas Polda Kalbar dalam kesempatan itu menyesalkan terulangnya kembali peristiwa ditabraknya tiang utama Jembatan Kapuas I karena kelalaian dari pihak nakhoda tug boat ataupun ponton.

“Nakhoda dan pemilik usaha pasir tersebut harus bertanggungjawab atas kerusakan yang dialami oleh Jembatan Kapuas I,” ujarnya.

Sebelumnya, Agustus 2013 tiang utama Jembatan Kapuas I Pontianak juga ditabrak sebuah ponton yang bermuatan bauksit sekitar 5.000 kubik dari Tayan, Kabupaten Sanggau, sehingga jembatan itu sempat berguncang keras dan juga mengakibatkan rangka tiga dan empat atau persis di tengah-tengah jembatan itu bergeser hingga 10 sentimeter.

Peristiwa itu membuat Pemerintah Provinsi Kalbar sempat menutup beberapa bulan jembatan itu, sehingga hanya boleh dilewati oleh kendaraan roda dua.

Data Polda Kalbar mencatat, sepanjang tahun 2013 terjadi tiga kasus penabrakan tiang fender dan tiang utama oleh ponton sehingga menyebabkan Jembatan Kapuas I ditutup untuk sementara waktu karena dilakukan perbaikan oleh Kementerian PU.

Kemudian, Maret 2014 tiang utama Jembatan Kapuas I kembali ditabrak oleh oleh sebuah ponton yang sedang mengangkut minyak dari arah hulu Sungai Kapuas Pontianak, dan hari Selasa lalu tiang utama jembatan itu kembali ditabrak oleh ponton yang sedang mengangkut pasir.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL