warga sidoarjo tolak ISISSidoarjo, LiputanIslam.com – Gedung Islamic Center Balongbendo, Sidoarjo,   akhirnya disegel warga setempat. Sebelumnya beredar kabar bahwa gedung tersebut  akan digunakan untuk melakukan pembaiatan jamaah gerakan ISIS.

Seperti ditayangkan di Metro TV,  Senin, 11 Agustus 2014, ratusan warga mendatangi gedung yang juga dipakai menjadi masjid itu untuk melarang segala bentuk kegiatan yang disinyalir berhubungan dengan ajakan untuk bergabung dengan ISIS.

Bersama dengan aparat kepolisian, warga menyegel dan memasang katu di depan gedung, dan disertai tulisan “Warga Balongbendo Menolak ISIS”.

Isu ISIS masuk ke Balongbendo memang telah meresahkan warga. Apalagi beredar kabar jika 17 Agustus mendatang akan dilaksanakan pembaiatan ratusan jamaah untuk patuh pada Abu Bakar Al-Baghdadi, pemimpin ISIS.

Dari laporan Liputan6.com, Amir, pimpinan Islamic Center Balong Bendo telah membantah gedung yang ditempatinya sebagai pusat kegiatan jamaahnya merupakan posko ISIS, namun warga tidak percaya dan tetap menyegel gedung tersebut.

Sukabumi Juga Tolak ISIS

Sementara itu di Sukabumi, ratusan pendidik, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Sukabumi dan sejumlah ormas mendeklarasikan penolakan terhadap gerakan ISIS. Kelompok ini ditolak  karena dituding mengancam kerukunan umat beragama dan keutuhan NKRI. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sukabumi mengajak masyarakat tidak terjebak dalam kegiatan yang mengajarkan kekerasan. Pencegahan pengaruh ISIS dilakukan kalangan pondok pesantren dengan pemberian pemahaman tentang Islam sejati kepada para santri. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL