plt-menteri-agama-agung-laksono-kanan-wamenag-nazzaruddin-umar-_140530220616-331Jakarta, LiputanIslam.com — Dirjen Bimas Islam Prof Dr Abdul Djamil dipastikan menggantikan Anggito Abimanyu yang mengundurkan sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) terkait kasus penyelenggaraan haji yang menjerat menteri agama Suryadharma Ali.

Hal itu disampaikan oleh Menko Kesra Agung Laksono selaku Menteri Agama Ad Interim dalam rapat yang digelar secara khusus di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (30/5) siang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun telah menunjuk Dirjen Bimas Islam Prof Dr Abdul Djamil sebagai sebagai Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU.

“Mengingat penyelenggaraan haji sudah mendesak, pengunduran Anggito Abimanyu langsung diterima dan bahkan langsung diadakan rapat tim penilai akhir yang secara khusus diadakan, dan menetapkan Abdul Djamil sebagai Dirjen PHU yang baru,” kata Agung Laksono dalam konferensi pers di kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (30/5) petang.

Mengenai cepatnya pengumuman pengganti Dirjen PHU ini, Agung Laksono mengatakan, hal itu dimaksudkan untuk lebih memastikan agar pelaksanaan haji dan seterusnya tidak terganggu.

Saat menyampaikan pengumuman pengganti Anggito Abimanyu itu, Agung Laksono didampingi oleh Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar, Sekjen Kemenag Nur Syam, Irjen Kemenag M. Jasin, Dirjen PHU Abdul Djamil, Staf Ahli Menag Machasin, dan Kepala Pusat Informasi dan Humas Zubaidi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Anggito Abimanyu menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Dirjen PHU kepada Pelaksana Tugas Menteri Agama Agung Laksono, Jumat (30/5) pagi, dengan alasan menjaga kewibawaan dan kepercayaan calon jamaah haji maupun masyarakat pada umumnya terhadap Ditjen PHU.

Dalam surat pengunduran dirinya itu, Anggito Abimanyu juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dan kerjasama yang telah terjalin selama ini kepada Plt. Menteri Agama, serta para pejabat dan jajaran pegawai Kementerian Agama, khususnya di lingkungan Ditjen PHU.

“Kepada jamaah haji dan umrah, calon jamaah haji, petugas haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di pusat dan daerah, serta seluruh stakeholder terkait dengan penyelenggaraan haji dan umrah, Anggito Abimanyu menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan selama memimpin Direktorat Jenderal PHU,” tutur Zubaidi melalui siaran pers resmi Kementerian Agama terkait pengunduran diri Anggito Abimanyu.(ca/ant)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL