lagardeParis, LiputanIslam.com — Polisi Perancis secara resmi melakukan penyidikan terkait kasus suap yang melibatkan Direktur IMF Christine Lagarde dan pengusaha Perancis Bernard Tapie.

BBC News melaporkan, Rabu (27/8), Lagarde (58 tahun) telah menjalani pemeriksaan dengan sejumlah pertanyaan tentang perannya dalam pemberian kompensasi senilai 400 juta euro ($527 juta) kepada pengusaha Bernard Tapie tahun 2008. Ia menolak tuduhan telah melakukan kesalahan.

Lagarde adalah Menteri Keuangan dalam kabinet President Nicolas Sarkozy pada saat kasus tersebut terjadi. Tapie sendiri adalah pendukung Sarkozy dalam pilpres tahun 2007.

Tapie pernah menjadi pemilik saham mayoritas perusahaan peralatan olahraga Adidas namun telah menjualnya tahun 1993 demi menjadi menteri kabinet Sosialis Presiden Francois Mitterrand.

Terkait penjualan saham itu, Tapie menuntut Credit Lyonnais atas penanganan penjualan itu, menuduh bank milik pemerintah itu telah mengelabuhinya dengan memberikan penilaian saham yang tidak semestinya.

Kasus ini kemudian dibawa oleh Lagarde ke panel arbitrase beranggotakan 3 orang yang berujung pada pemberian kompenasasi ratusan juta euro itu.

Para penyidik meyakini, Tapie telah mendapatkan “imbalan” atas dukungan yang diberkikan kepada Nicolas Sarkozy.

Lagarde tahun lalu mengatakan bahwa langkahnya membawa kasus antara Tapie dengan Credit Lyonnais ke arbitrase adalah “solusi terbaik saat itu”.

Meski resmi di bawah penyidikan hal itu tidak menjamin kasusnya akan berujung pada penuntutan. Namun bagaimana pun hal ini menimbulkan pertanyaan tentang masa depan kepemimpinannya di IMF yang baru akan berakhir tahun 2016.

Lagarde telah mengatakan kepada AFP bahwa dirinya tidak akan mundur dari jabatannya di IMF karena masalah ini.

Lagarde menggantikan Dominique Strauss-Kahn sebagai Direktur IMF tahun 2011. Strauss-Kahn yang juga bekas menteri keuangan Perancis, mengundurkan diri setelah terlibat kasus pelecehan seksual yang sempat membawanya ke ruang tahanan kepolisian New York. Kasusnya sendiri kemudian dibatalkan kepolisian.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL