xi macauMakau, LiputanIslam.com — Presiden Cina Xi Jinping mendesak warga Makau untuk menghormati prinsip “Satu Cina” dalam kunjungannya di bekas koloni Portugal ini, Sabtu (20/12). Kunjungan ini merupakan peringatan ke-15 tahun kembalinya Cina ke pangkuan Cina setelah menjadi koloni Portugal dari abad 16 hingga tahun 1999.

Sebagaimana Hong Kong, Macau adalah wilayah bekas kolonialis Eropa yang dikembalikan ke negara asalnya, Cina, dengan kondisi yang jauh berbeda dengan wilayah lain di Cina. Namun, berbeda dengan HOngkong dimana pemerintah menerapkan prinsip “satu negara 2 sistem” dengan mengijinkan warganya memiliki hak-hak penuh warga negara merdeka kecuali dalam beberapa aspek vital, Cina berkukuh menerapkan kebijakan “satu Cina” di Makau. Dengan kata lain, tidak ada pengecualian bagi Makau.

Dan karena perjudian adalah ilegal di Cina, maka pemerintah Cina pun telah mengkampanyekan agar warga dan pemerintah daerah Makau untuk meninggalkan bisnis perjudian yang selama ini menjadi sumber utama pendapatan Makau.

“Kita harus teguh dengan prinsip ‘Satu Cina’ dan menghormati perbedaan dari 2 sistem,” kata Xi dalam pidato inagurasi Kepala Eksekutif Makau Fernando Chui, sebagaimana dilansir BBC.

“Ini adalah satu-satunya cara untuk membawa kita ke arah kemajuan yang mantap,” tambah Xi.

Pada saat yang sama ratusan demonstran berpawai di jalanan Makau. Sebagaimana para demonstran di Hongkong mereka menuntut demokrasi yang lebih besar menyusul pemilihan Fernando Chui sebagai Kepala Eksekutif Makau yang tidak transparan. Chui adalah satu-satunya kandidat Kepala Eksekutif yang dipilih secara akalamasi oleh 400 anggota perwakilan.

“Kami menginginkan hak pilih universal,” kata demonstran. Beberapa demonstran bahkan membawa payung, simbol aksi demonstrasi di Hongkong.

Makau adalah pusat bisnis perjudian terbesar di dunia, namun pendapatan dari sektor ini mengalami penurunan hingga 20% tahun lalu. Xi mengatakan bahwa Makau harus mengurangi ketergantungannya pada sektor perjudian.

“Adalah penting bagi Makau untuk mengadopsi perspektif globalis, nasionalis berorientasi masa depan dan jangka panjang,” kata Xi.

Xi mengungkapkan harapannya agar Makau memfokuskan diri pada pengembangan sebagai pusat tujuan wisata dan hiburan dunia, dan mempromosikan perekonomian yang lebih beragam dan berkelanjutan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL