williams nbcNew York, LiputanIslam.com — Seorang penyiar televisi (host) NBC mencabut pernyataannya tentang Perang Irak setelah para prajurit menuduh pernyataannya itu bohong. Demikian kantor berita Russia Today melaporkan, Kamis (5/2).

Dalam sebuah siaran khusus untuk menghormati seorang veteran Perang Irak, host NBC Brian Williams mengaku berada di dalam helikopter yang ditembak jatuh oleh pejuang Irak pada tahun 2003. Namun kemudian ia mencabut pengakuannya itu setelah beberapa tentara yang berada di lokasi menyebut pengakuan tersebut bohong adanya.

“Saya membuat kesalahan dalam mengingat kejadian 12 tahun yang lalu,” kata Williams dalam sebuah siaran hari Rabu (4/2).

“Saya ingin meminta ma’af. Saya mengatakan saya berada di dalam pesawat yang ditembak dengan roket RPG. Saya sebenarnya berada di dalam pesawat yang lain,” katanya.

Kontroversi itu muncul setelah NBC News menyiarkan siaran khusus untuk menghormati Sersan Tim Terpak, veteran Perang Irak yang bertugas menjaga keamanan jurnalis saat peristiwa tertembaknya helikopter itu terjadi.

Pengambilan gambar siaran tersebut dilakukan di lapangan hoki New York Rangers dimana Williams tampil bersama Terpak. Saat itu Williams “membual” tentang pengalamannya.

“Ceritanya sebenarnya dimulai dengan saat-saat yang mengerikan 12 tahun yang lalu dalam invasi Irak, ketika helikopter yang kami tumpangi ditembak jatuh oleh roket RPG,” kata Williams saat itu.

“Tim NBC News berhasil selamat, dikelilingi dan dijaga oleh satu peleton mekanik lapis baja dari pasukan infantri AS.”

Namun kemudian beberapa awak helikopter yang tertembak itu mengatakan kepada Stars and Stripes bahwa Williams tidak berada di sekitar mereka, atau di dalam 2 helikopter lainnya yang terbang bersama-sama. Sebaliknya, ia baru tiba di tempat kejadian satu jam kemudian dengan helikopter lainnya.

“Tidak, kami tidak pernah mendapatkan tembakan oleh musuh,” kata Sersan Joseph Miller yang menerbangkan helikopter yang membawa Williams dan teman-temannya.

“Ini seperti hal yang sangat personal bagi kami bahwa mengubah hidup saya. Saya tahu betapa beruntungnya saya saat itu untuk bisa tetap hidup,” kata Lance Reynolds, teknisi helikopter yang tertembak seraya menambahkan bahwa Williams dan para kru NBC tiba dengan helikopter antara 30 menit hingga 1 jam setelah helikopternya mendarat darurat di pangkalan udara Irak.

Stars and Stripes menyebutkan bahwa NBC News terus-menerus menyiarkan ulang cerita Williams tersebut. Dalam situs resmi NBC cerita itu masih bisa dilihat dengan judul “Target Iraq: Helicopter NBC’s Brian Williams Was Riding In Comes Under Fire.” dengan tanggal posting 26 Maret 2003.

Williams adalah penerima penghargaan Polk and a Peabody atas prestasinya sebagai jurnalis berita.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL