dubes cina islandiaBeijing, LiputanIslam.com — Berita tentang seorang diplomat senior Cina yang menghilang secara misterius setelah dipanggil pulang ke negaranya, menjadi perhatian publik saat ini.

Sebagaimana laporan BBC News, perhatian publik tersebut dipicu oleh seruan media massa terkemuka Cina kepada pemerintah untuk memberikan penjelasan mengenai nasib Dubes Cina untuk Islandia Ma Jisheng, yang sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Sebelumnya Ma telah dipanggil pulang ke negaranya pada bulan Januari lalu dengan alasan yang disebutkan otoritas Cina kepada pemerintah Islandia sebagai “alasan pribadi”. Namun sejak itu keberadaan Ma tidak diketahui.

Beberapa laporan menyebutkan, Ma telah ditahan oleh aparat keamanan Cina karena tuduhan menjadi mata-mata untuk dinas inteligen Jepang.

Sebelumnya Ma memang pernah bertugas di Kedubes Cina di Tokyo.

Jubir kemenlu Cina pada hari Rabu (17/9) mengatakan kepada wartawan bahwa pihaknya tidak mengetahui informasi tentang Ma. Sementara itu situs resmi kedubes Cina di Islandia pun mengosongkan informasi tentang keberadaan Ma.

Media terkemua Cina, Global Times, dalam editorialnya hari Rabu (1/9) mendesak pemerintah untuk memberikan klarifikasi tentang keberadaan Ma serta hubungannya dengan inteligen asing.

“Melaporkan insiden seperti ini akan memberikan pemahaman kepada publik tentang betapa dekatnya para manipulator badan-badan inteligen asing itu dengan kita,” tulis Global Times.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL