komisi tinggi malaysiaWellington, LiputanIslam.com — Diplomat Malaysia yang terlibat aksi serangan seksual di Selandia Baru dan sempat melarikan diri ke negaranya, Muhammad Rizalman, akhirnya muncul di sidang perdana kasus tersebut di Pengadilan Wellington, Sabtu (25/10).

Sebelumnya Rizalman diterbangkan ke Selandia Baru dengan pengawalan petugas kepolisian Selandia Baru dan didampingi beberapa petugas Malaysia. Malaysia setuju untuk mengirimkan kembali Rizalman ke Selandia Baru setelah mendapat jaminan adanya proses pengadilan yang adil. Hal itu sekaligus mengakhiri ketegangan diplomatik antara Malaysia dan Selandia baru akibat kasus ini.

Ketika tuduhan atas kasus ini dikeluarkan bulan Mei lalu dan Rizalman ditunggu kehadirannya di pengadilan, ia justru kembali ke negaranya dengan menggunakan kekebalan diplomatnya. Hal ini sontak mengundang kemarahan publik Selandia Baru sekaligus mempermalukan pemerintahan Selandia dan Malaysia.

Sebagaimana laporan BBC News, beberapa staff diplomatik Malaysia hadir dalam persidangan hari Sabtu untuk memberikan bantuan hukum atas rekan mereka itu. Setelah persidangan, ia langsung digelandang polisi ke tempat penahanan. Ia dijadwalkan akan kembali hadir di persidangan hari Selasa (28/10).

Ketika kasusnya terjadi bulan Mei lalu, Rizalman adalah diplomat di Komisi Tinggi Malaysia di Wellington, sebagai staff Asisten Pertahanan dan telah bertugas sejak tahun 2013.

Pada tanggal 9 Mei lalu ia dituduh telah membuntuti seorang wanita, Tania Billingsley, ke rumahnya di kawasan Brooklyn. Selanjutnya ia menerobos kediaman Tania dan berusaha memperkosanya.

Dalam sebuah wawancara televisi baru-baru ini Tania mengklaim telah mendapat tekanan untuk tidak melaporkan kasus ini dan mengkritik sikap pemerintah terhadap kasusnya.

Di sisi lain, tindakan Rizalman yang meninggalkan Selandia Baru saat harus menghadapi persidangan, memicu kemarahan warga Selandia Baru dan sekaligus mempermalukan pemerintahnya. Kedua pemerintahan Selandia Baru dan Malaysia pun terlibat perselisihan tentang bagaimana hak kekebalan diplomatik seharusnya diimplementasikan.

Media Selandia Baru Stuff baru-baru ini melaporkan bahwa pemerintah tengah melakukan penyelidikan atas kaburnya Rizalman dari Selandia Baru.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL