ecclestoneLondon, LiputanIslam.com — Meski baru saja dipaksa membayar £60 juta (sekitar Rp 1 triliun), bos organiser lomba balap F-1 Bernie Ecclestone tetap berambisi untuk memimpin lomba tersebut hingga waktu yang tidak ditentukan.

“Selama saya mampu,” kata Ecclestone sebagaimana dikutip BBC News, Jumat (22/8).

Dalam wawancara pertamanya sejak terpaksa membayar denda sangat besar demi menghindari penjara selama 10 tahun, Ecclestone (83 tahun) mengatakan bahwa ia selalu percaya bahwa dirinya tidak bersalah.

“Saya tidak takut pada apapun untuk bersikap jujur. Ini tidak pernah mengganggu saya karena saya tahu saya tidak bersalah,” kata Ecclestone.

Ecclestone harus menghadapi sidang pengadilan di Munich Jerman, bulan April lalu setelah dituduh menyuap bankir Jerman Gerhard Gribkowsky senilai £ 26 juta untuk memastikan perusahaan CVC yang berkepentingan dengan dirinya, bisa membeli saham F-1 dan ia tetap menjadi CEO-nya.

“Saya tidak pernah merasa terganggu dengan hukuman penjara, karena saya yakin hal ini tidak akan terjadi. Sistem dalam peradilan ini sangat adil. Kecuali ada motif politik, semuanya OK,” kata Ecclestone lagi.

“Saya tahu penjara penuh dengan orang-orang yang tidak bersalah, namun saya ragu jika hal itu benar.”

Ecclestone selalu menolak tuduhan bersalah, berkukuh bahwa pembayaran yang dilakukannya disebabkan oleh adanya pemerasan demi menghentikan Gribkowsky membuat pernyataan-pernyataan yang tidak berdasar tentang masalah pajak Ecclestone.

Di bawah hukum Jerman, Ecclestone pun diberi kesempatan untuk menghentikan peradilan dengan memberikan sejumlah denda. Dan meski ia selalu menolak tuduhan salah, ia membayar sebesar £60 juta.

Musim lomba tahun ini diwarnai isu politik yang cukup sensitif akibat disertakannya sirkut Sochi di Rusia dalam agenda lomba Oktober mendatang. Hal ini memicu protes sejumlah politisi Eropa karena menganggap Rusia tidak bisa menjamin keamanan karena keterlibatannya dalam konflk di Ukraina. Namun Ecclestone tidak bergeming.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL