rousseffBrazilia, LiputanIslam.com — Mantan aktifis gerakan komunis dan narapidana, Dilma Rousseff, terpilih kembali sebagai Presiden Brazil untuk jabatan kedua setelah memenangkan pilpres yang digelar hari Minggu (26/10) dengan keunggulan tipis atas pesaingnya.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Rousseff, berhasil meraih suara 51% dari total suara yang masuk, cukup untuk memenangkan pilpres atas saingannya, Aecio Neves, yang hanya meraih 48% suara.

Segera setelah pengumuman hasil pilpres tersebut, Minggu (26/10) petang, Rousseff pun berjanji akan menjadi presiden yang lebih baik daripada sebelumnya. Selama pemerintahan pertamanya sejak tahun 2010, Rousseff banyak mendapatkan kritikan hingga demonstrasi besar-besaran  warga Brazil karena skandal korupsi, kegagalan program sosial dan pemborosan penyelenggaraan Piala Dunia 2014.

Beberapa politisi yang dikenal dekat dengan Rousseff bahkan kini tengah terjerat kasus korupsi yang melibatkan perusahaan migas nasional, Petrobras.

Menyadari kemenangannya tidak signifikan, Rousseff pun langsung berusaha merangkul lawan politiknya untuk menjaga persatuan Brazil, dengan memberikan pidato simpatik. Ia menyerukan “persatuan demi masa depan Brazil yang lebih baik” dan menjanjikan reformasi politik.

“Presiden ini (Rousseff) terbuka untuk dialog. Ini adalah prioritas utama saya pada mandat kedua ini,” kata Rousseff dalam pidato kemenangannya di ibukota Brasilia yang juga dihadiri mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva yang merupakan seniornya di Partai Pekerja.

Dilma Rousseff lahir di Belo Horizonte, di wilayah tenggara Brazil pada tanggal 14 December 1947. Ia putri dari Pedro Rousseff, aktifis komunisme Bulgaria yang melarikan diri ke Brazil pada tahun 1930-an.

Semasa remaja di tahun 1960-an, Dilma aktif sebagai anggota gerakan komunisme Brazil dan terlibat beberapa aksi kriminal seperti perampokan bank untuk mendanai gerakannya. Ia juga terlibat dalam beberapa aksi pembunuhan.

Pada tahun 1970 ia tertangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 6 tahun.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL