seawolf_classMoskow, LiputanIslam.com — Sebuah kapal selam AS berhasil melarikan diri dari kejaran kapal-kapal dan pesawat anti-kapal selam Rusia, setelah diketahui menyusup ke wilayah Rusia di Selat Barents, Siberia.

Sebagaimana dilaporkan media Iran Press TV dengan mengutip keterangan media-media Rusia, Minggu (10/8), kapal selam AS kelas Virginia diketahui masuk ke wilayah perairan Rusia di Selat Barents oleh unit pendeteksi dini Armada Utara Rusia. Insiden itu terjadi hari Kamis (7/8).

Menyusul temuan itu satu kelompok kapal anti-kapal selam dan sebuah pesawat anti-kapal selam Il-38 dikirim untuk mengejar kapal selam itu.

“Langkah keras satuan-satuan anti-kapal selam itu mengakibatkan kapal selam itu melarikan diri dari wilayah Rusia,” kata seorang perwira tinggi AL Rusia kepada media Rusia.

“Kontak dengan kapal selam itu berlangsung selama 27 menit dan kemudian kapal selam itu meninggalkan area,” tambahnya.

Sebelumnya pada minggu ini para pejabat AS menyebutkan bahwa pesawat-pesawat tempur Rusia, termasuk jenis pembom strategis yang diduga membawa senjata nuklir, dalam 10 hari terakhir telah melakukan 16 kali penyusupan terhadap wilayah pertahanan udara AS di sekitar Alaska.

Insiden-insiden itu terjadi saat hubungan AS dan Rusia berada pada titik paling rendah setelah Rusia mengumumkan penghentian impor produk-produk makanan dari negara-negara barat. Pada saat yang sama AS dan negara-negara NATO menuduh Rusia telah mengirim senjata-senjata berat kepada para pemberontak Ukraina dengan menggunakan payung misi kemanusiaan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL