salman khan2New Delhi, LiputanIslam.com — Bintang Bollywood Salman Khan bisa bernafas lega untuk sementara setelah berhasil mendapatkan pembebasan bersyarat dengan jaminan, hanya beberapa jam setelah pengadilan Mumbai memvonisnya dengan hukuman penjara 5 tahun. Ia dinyatakan terbukti bersalah mengemudi dalam keadaan mabuk dan menabrak 5 orang, seorang di antaranya tewas dalam sebuah insiden tahun 2002.

BBC News melaporkan, Rabu (6/5), Salman mendapatkan pembebasan bersyarat dengan jaminan selama 2 hari setelah tim kuasa hukumnya mengajukan banding atas vonis tersebut di atas. Sidang banding akan digelar hari Jumat (8/5).

Sementara itu dukungan sejumlah selebritis India terhadap Salman Khan atas kasus tersebut mendapatkan tanggapan sinis dari publik India.

Saat Salman dan keluarga serta teman-temannya memasuki ruang sidang hari Rabu, ratusan pengagum Salman berdo’a di luar sidang bagi kebebasan Salman. Namun Hakim berkukuh dengan keputusannya bahwa Salman telah bersalah.

“Anda mengendarai mobil di bawah pengaruh alkohol,” kata hakim DW Deshpande di awal persidangan sebelum keputusan dijatuhkan.

Aktober berusia 49 tahun itu juga dinyatakan teledor sehingga mengakibatkan seorang tewas dan empat orang terluka setelah mobil yang dikendarainya menabrak toko roti dan menggilas 5 orang gelandangan yang tengah tertidur di pinggir jalan.

Salman berkukuh dirinya bukanlah pengendara mobilnya, melainkan pengawalnya yang mengemudikannya. Namun sejumlah saksi, termasuk pengawal Salman, membantah keterangan Salman.

Seorang korban tabrak lari yang sempat terluka dalam insiden itu, Abdullah Rauf Shaikh, mengatakan kepada BBC News bahwa mendapatka kompensasi dari Salman Khan lebih penting dari hukuman yang diterima Salman. Ia juga mengakui tetap menyukai film-film Salman.

Sejumlah besar selebritis India, termasuk aktris senior Hema Malini menyatakan dukungan terbuka kepada Salman menyusul vonis yang diterima Salman. Abhijeet, seorang penyanyi terkenal berkicau di Twitter: “Jalan bukan tempat untuk tidur. Bukan kesalahan pengemudi ataupun alkohol.”

Sementara Farah Khan Ali, seorang disainer terkenal yang menikah dengan seorang DJ dengan pengikut lebih dari 650.000 berkicau: “Tidak seorang pun boleh tidur di pinggir jalan. Itu sangat berbahaya.”

Kicauan-kicauan dukungan kepada Salman itu pun langsung mendapatkan reaksi negatif dari netizen.

“Saya akan menabrak orang-orang yang Anda kasihi. Mari kita lihat bagaimana perasaan Anda,” tulis seorang pengikut Ali.

Malini Agarwal, seorang blogger selebriti mengatakan kepada BBC, sementara beberapa pendukung Salman hanyalah orang-orang iseng yang mencari perhatian, seperti pembuan ‘hashtag’ #WeLoveSalmanKhan, banyak pendukung Salman adalah teman-teman Salman sendiri.

“Saya percaya Salman orang baik, namun itu tidak mengubah apa yang dilakukannya 13 tahun yang lalu,” kata Malini seraya menyinggung lamanya proses pengadilan berjalan, sementara selama itu Salman telah berhasil merehabilitasi diri.

Ia juga menyebut pada Yayasan ‘Menjadi Manusia’ yang didirikan Salman yang bergerak di bidang sosial dengan membantu orang-orang miskin.

Bintang Bollywood Dia Mirza, berkomentar tentang Salman, mengatakan, “Ia adalah orang yang menyelamatkan hidup ibu saya.”

Sementara artis Alia Bhatt mengatakan: “Adalah menyakitkan bila orang yang Anda sayangi dihukum, meskipun ia bersalah. Kami mencintaimu dan berdiri di sampingmu (Salman).”

Agarwal menyebut dukungan kepada Salman mencerminkan masyarakat India yang tidak lagi sensitif terhadap masalah-masalah kemiskinan, korupsi dan kejahatan.

“Namun, jujur saja di negeri ini hal-hal seperti ini sering terjadi. Kami menjadi kurang sensitif terhadap masalah
emiskinan, korupsi dan kejahatan. Namun setidaknya ada kejahatan yang dihukum, meski itu harus membutuhkan waktu selama 13 tahun,” katanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL