nancy powellNew York, LiputanIslam.com — Duta Besar Amerika Serikat untuk India telah mengundurkan diri dan akan kembali ke Amerika Serikat setelah kurang dari dua tahun bertugas di negeri yang terkenal dengan film Bollywood-nya ini.

Dikutip dari Reuters, pengunduran diri yang disampaikan pada Senin, 31 Maret 2014 ini, menyusul pertikaian diplomatik yang semakin menegang antara India dan Amerika.

Meski demikian, tidak dipaparkan secara jelas mengenai alasan mundurnya Duta Besar Nancy Powell. Secara gamblang disebutkan bahwa Powell pensiun dari dinas luar negerinya setelah 37 tahun ‘seperti yang telah direncanakan beberapa waktu lalu’.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf juga membantah bahwa pengunduran Powell terkait dengan ketegangan kedua negara ini setelah penangkapan diplomat India, Devyani Khobragade pada Desember lalu di New York.

Dalam karir diplomatnya, Powell telah memegang beberapa jabatan penting di Asia Selatan hingga akhirnya menjabat sebagai Duta Besar di India pada 2012 lalu. Dia akan kembali ke negeri Abang Sam sebelum pemerintahan baru India dibentuk pada akhir Mei mendatang.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL