Washington, LiputanIslam,com—Penasehat keamanan nasional Amerika Serikat, Michael Flynn, telah mundur dari jabatannya setelah dituduh berhubungan dengan pemerintah Rusia.

Gedung Putih mengonfirmasi mundurnya Flynn pada Senin (13/01/17) malam. Keith Kellogg, mantan jenderal Militer AS, telah ditunjuk sebagai pengganti sementara Flynn.

Dalam surat pengunduran dirinya, Flynn menjelaskan tentang percakapan teleponnya dengan Duta Besar Rusia.

“Saya tidak sengaja memberikan penjelasan yang salah kepada Wakil Presiden tentang panggilan telepon saya dengan Duta Besar Rusia. Saya telah meminta maaf dengan tulus kepada Presiden dan Wakil Presiden, dan mereka telah menerima permintaan maaf saya,” tulis Flynn.

“Saya berikan surat pengunduran diri saya ini, dan saya merasa terhormat karena telah melayani negara dan rakyat Amerika dengan cara yang terhormat,” tulisnya. “Saya tahu dengan kepemimpinan yang kuat dari Presiden Donald J. Trump dan Wakil Presiden Mike Pence, tim ini tercatat dalam sejarah sebagai salah satu presidensi terbesar dalam sejarah AS.”

Surat pengunduran Flynn ini keluar hanya beberapa jam setelah sebuah laporan tersebar bahwa Departemen Kehakiman memperingatkan Presiden Trump bahwa Flynn berbohong tentang percakapannya dengan Duta Besar Rusia untuk AS.

Juru Bicara Gedung Putih, Sean Spicer, mengatakan bahwa beberapa jam sebelum ditulisnya surat pengunduran diri Flynn, Trump sudah mengevaluasi masalah tersebut dan telah berbicara dengan Pence dan “pihak lainnya” untuk menyelesaikan isu tersebut.

Sementara itu, jurnalis dan analis asal Skotlandia, John Wight, menilai bahwa Flynn adalah “seorang tokoh Islamophobia.”

“Mr. Flynn tampaknya memikul kebencian tertentu terhadap Iran. Dia sebelumnya pernah mengatakan tentang keharusan adanya ‘perubahan rezim’ di Iran, dan dia pernah mengatakan Islam adalah ‘kanker ganas’… dan ‘agama penyakit’ yang harus disembuhkan,” kata Wight. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL