secret serciveWashington DC, LiputanIslam.com — Saat ini tengah muncul wacana untuk mengganti komandan paspampres AS (Secret Service) dari luar satuan setelah dianggap satuan tersebut terlalu insular (picik).Demikian laporan kajian pengamanan kepresidenan yang dirilis oleh Departemen Keamaman Dalam Negeri AS, Jumat (19/12).

Sebagaimana dilansir BBC News, dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa Gedung Putih membutuhkan pagar baru yang lebih tinggi dari saat ini. Selain itu juga diperlukan tambahan personil lapangan dan staff.

Kajian tersebut dilakukan menyusul terjadinya serangkaian penyusupan ke dalam kompleks Gedung Putih dalam beberapa bulan terakhir, terutama aksi penerobosans yang dilakukan oleh Omar Gonzalez bulan September lalu.

Mantan prajurit AS itu dengan membawa sebilah pisau berhasil melompati pagar dan mengecoh beberapa penjaga termasuk anjing penjaga. Akibat penyusupan itu, sebagian staff dan jurnalis terpaksa dievakuasi. Julia Pierson, kepala Secret Service saat itu, mengundurkan diri setelah terjadinya penyusupan-penyusupan itu.

Dalam kajian itu disebutkan bahwa kepala Secret Service mendatang “Harus membuat pilihan-pilihan sulit dalam mengidentifikasi prioritas-prioritas nyata bagi organisasi dan menjaga menejeman yang akuntabel atas setiap kegagalan untuk meraih prioritas-prioritas tersebut.”

“Hanya serang direktur dari luar Secret Service, yang terbebas dari tradisi-tradisi organisasi dan hubungan personal yang akan mampu melakukan pengkajian yang jujur secara top-to-down,” demikian kesimpulan kajian itu menyebutkan.

Selain itu kajian juga merekomendasikan pembangunan segera pagar baru yang lebih tinggi dan menjorok keluar sehingga lebih sulit untuk dilompati penyususup. Namun masalah  lebih serius muncul dari kurangnya jumlah personil dengan jam kerja yang tinggi. Direkondasikan agar jumlah personil ditambah dengan 85 agen khusus dan 200 staff berseragam.

Selain masalah penyusupan, lembaga Secret Service juga berulangkali menjadi sorotan kelakuan personilnya yang tidak terpuji saat melakukan tugas di luar negeri.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL