kover elleKiev, LiputanIslam.com — Kover majalah Elle bulan April mengundang kemarahan publik dan pemerintah Ukraina, karena dianggap mempromosikan Rusia. Demikian BBC News melaporkan, Kamis (23/4).

Sejumlah anggota parlemen dan aktifis sosial Ukraina menuduh Elle telah dipengaruhi oleh Rusia dalam penampilan kover majalahnya itu sebagai peringatan kemenangan Rusia dalam Perang Dunia II, 70 tahun yang lalu.

“Uang Putin telah mempengaruhi kesadaran global,” kata anggota parlemen Ukraina Aleksandr Briginec menyindir kover majalah yang beredar cukup luas di Ukraina tersebut.

Dalam kovernya majalah Elle menampilkan artis Michelle Williams mengenakan pakaian buatan Louis Vuitton berwarna hitam dan orange yang merupakan warna simbol Kekaisaran Rusia atau dikenal dengan nama Georgian Ribbon. Warna ini sejak tahun 2005 telah digunakan kembali oleh pemerintah Rusia dalam peringatan ‘Hari Kemenangan’, atau kemenangan Rusia atas Jerman dalam Perang Dunia II.

Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatsenuk, yang berulangkali mengklaim Ukraina-lah yang telah mengalahkan Jerman dan bukan Rusia, sebaliknya menginginkan simbol baru dalam peringatan hari kemenangan, yaitu ‘red poppy’ yang merupakan simbol Uni Eropa.

Meski telah digunakan dalam peringatan Perang Dunia I, sebagian warga Ukraina juga menggunakan simbol ‘red poppy’ itu dalam peringatan Perang Dunia II tahun lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL