kartun mars indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Dianggap telah melecehkan India, koran terkemuka AS New York Times (NYT) akhirnya meminta ma’af meski belum ada protes dari pemerintah India.

Sebagaimana laporan BBC News, Senin (6/10) petang, penangungjawab editorial NYT, Andrew Rosenthal, menyampaikan permintaan ma’af melalui akun Facebook setelah “sejumlah besar pembaca” mengajukan protes.

“Kami meminta ma’af kepada para pembaca yang merasa dipermalukan oleh pilihan gambar kartun tersebut,” tulis Rosenthal.

Menurut Rosenthal, kartunis Heng Kim Song yang merupakan warga Singapura, tidak pernah bermaksud untuk mempermalukan pemerintah dan warga India.

“Maksud dari kartunis Heng Kim Song, adalah untuk menunjukkan bahwa eksplorasi ruang angkasa kini tidak lagi menjadi monopolinya negara-negara kaya dari barat,” tulis Rosenthal.

Dalam kartun kontroversial itu terlihat seorang petani miskin India yang menuntun seekor kerbau, mengetuk pintu klub orang-orang kaya “Elite Space Club”, dimana di dalamnya terlihat orang-orang bule yang salah seorang di antaranya tengah membaca koran dengan berita utama berjudul “Misi Mars India”.

Bulan lalu India berhasil menempatkan satelit Mangalyaan di orbit planet Mars. Selain berhasil memecahkan rekor sebagai misi pertama planet Mars yang sukses (negara-negara lain memerlukan beberapa kali percobaan), misi ini jauh lebih murah dibandingkan misi-misi yang sama oleh negara-negara barat. Misi Mangalyaan hanya membutuhkan biaya sebesar $74 juta, hampir seper-sepuluh biaya misi satelit planet Mars AS.

Selain itu, India juga menjadi negara ke-4 yang pernah mengirim satelitnya ke Mars setelah AS, Rusia dan Uni Eropa. Dan saat ini hanya ada 3 negara yang memiliki satelit yang beroperasi di orbit Mars, yaitu India, AS dan Uni Eropa.

Satelit Mangalyaan diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket di pusat peluncuran roket di Sriharikota pada tanggal 5 November 2013.

Satelit-satelit lain yang aktif di orbit Mars selain Mangalyaan adalah Maven (AS), Mars Odyssey (AS), Mars Reconnaissance Orbiter (AS) dan Mars Express (Uni Europe).(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL