Putin Views Russian Arms On Display At ExpoMoskow, LiputanIslam.com — Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kesiapannya berdialog dengan pemerintahan Petro Poroshenko, pemenang pemilihan presiden Ukraina yang digelar Ahad (25/5). Tetapi Rusia memberikan syarat, yaitu pemerintahan Kiev tidak boleh angkat senjata memerangi kelompok sparatis di timur.

Mengulangi pernyataan Presiden Vladimir Putin yang disampaikan beberapa hari lalu, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan, dialog sesungguhnya adalah antara pemerintah Ukraina dengan kelompok separatis di Ukraina timur, sebagai kunci utama dalam memecahkan krisis Ukraina.

Miliader “Raja Coklat” Poroshenko dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan presiden Ukraina yang digelar dengan perolehan suara 55,9 persen suara. Ia unggul jauh dari posisi kedua yang ditempati bekas Perdana Menteri Yulia Tymoshenko dengan dukungan 12,9 persen suara.

Poroshenko sendiri dalam sambutan kemenangannya hari Senin kemarin, telah menyatakan niatnya untuk menghakhiri pertikaian di Ukraina dengan menggelar pertemuan dengan kelompok separatis di Ukraina Timur. Ia juga bertekad akan memulihkan hubungan Ukraina dengan Rusia.(ca/tempo/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL