demo bulgariaSofia, LiputanIslam.com — Ratusan orang menggelar demonstrasi menentang rencana pembangunan pangkalan NATO di Bulgaria. Mereka berpawai dari depan Istana Presiden menuju ke gedung Parlemen di ibukota Sofia, Minggu (15/2).

Seperti dilansir Press TV, Senin (16/2), aksi tersebut diorganisir oleh kelompok yang menamakan diri Bulgarian Anti-Fascist Union. Dalam tuntutannya mereka menuntut agar Presiden Rosen Plevneliev bersikap netral dari segala aksi militer NATO terutama terkait dengan konflik di Ukraina. Lebih utama lagi mereka meminta pemerintah menghentikan rencana pembangunan pangkalan militer NATO di negeri itu.

Aksi tersebut berlangsung setelah adanya pengumuman Sekjen NATO Jens Stoltenberg tentang rencana pembangunan 6 unit komando dan kontrol NATO termasuk di Bulgaria.

NATO dan AS dalam setahun terakhir telah meningkatkan aktifitas dan kekuatan militernya di kawasan Eropa timur, terutama sejak terjadinya konflik di Ukraina. Tahun lalu NATO menggelar 200 latihan perang dan Stoltenberg berjanji akan mempertahankan manuver-manuver tersebut.

Rusia dan sekutu-sekutunya mengecam langkah NATO tersebut.(ca)     

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL