NEWS : Altercation Lille vs Maccabi Haifa - 07/23/2014Bischofshofen, LiputanIslam.com — Sebuah pertandingan sepakbola persahabatan antara tim sepakbola Israel melawan Perancis di Austria berubah menjadi kerusuhan ketika beberapa demonstran pro-Palestina menyerang para pemain Israel.

Tim klub sepakbola Maccabi Haifa dari Israel dan LOSC Lille dari Perancis tengah bertanding di kota Bischofshofen, Provinsi Salzburg, Kamis (24/7), ketika serangan itu terjadi. Demikian laporan Russia Today hari ini (24/7).

Ketika skor sementara menunjukkan angka 2-0 untuk klub Perancis, sekitar 20 demonstran yang mengibar-ngibarkan bendera Palestina masuk ke dalam lapangan. Mereka awalnya mencoba menyerang Yossi Benayoun, kapten tim Maccabi Haifa yang juga mantan pemain liga utama Inggris. Selanjutnya mereka menyerang pemain-pemain Israel lainnya.

Polisi menyebutkan tidak ada korban yang terluka dalam insiden tersebut dan para demonstran hanya meludahi seorang pemain Israel. Namun gambar yang beredar di media sosial menunjukkan setidaknya seorang pemain Israel ditendang.

Perdantingan persahabatan itupun dihentikan pada menit ke 86.

Para pemain Israel harus menunggu selama satu jam setelah pertandingan di ruang ganti sebelum meninggalkan stadiun di bawah pengawalan ketat polisi.

Polisi dikabarkan tidak melakukan penangkapan terhadap para penyerang.

Atas insiden tersebut klub Maccabi Haifa Football Club menyatakan kecamannya atas insiden tersebut seraya menuduh para penyerang kebanyakan adalah imigran asal Turki yang terprovokasi oleh media-media massa Turki. Demikian laporan Jerussalem  Post.

“Kami mengutuk tindak kekerasan yang ditujukan terhadap kami. Ini tidak akan terjadi karena olahraga atau sepakbola. Ini terjadi karena kami mewakili Israel,” kata jubir klub Maccabi.

Sementara itu Menlu Austria Sebastian Kurz juga mengecam aksi serangan tersebut dan menyerukan dilakukannya penyelidikan atas insiden itu.

“Karena di Austria tidak boleh ada toleransi bagi tidak kekerasan terhadap agama atau anti-semit,” kata Kurz.

Aksi kekeraran Israel di Gaza telah menimbulkan sentimen anti-Israel yang sangat kuat di tengah masyarakat Eropa. Beberapa waktu lalu aksi demonstrasi anti-Israel di Perancis berubah menjadi aksi kekerasan dan polisi menangkap sejumlah pelaku demonstrasi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL