kantor pemerintah hongkongHongkong, LiputanIslam.com — Jumlah peserta demonstrasi berkurang tajam tinggal hanya beberapa ratus orang seiring peringatan pemerintah untuk membubarkan diri pada hari Senin (6/10). Sementara itu kantor-kantor pemerintah kembali dibuka.

Sebagaimana dilaporkan oleh BBC News, Senin (6/10), dari puluhan ribu demonstran yang pernah memenuhi jalanan-jalanan utama Hongkong, kini hanya sekitar 100 orang yang masih berada di kompleks pemerintahan Admiralty di distrik Central, dan sekitar 10 orang yang berkemah di luar kantor Kepala Ekskutif Hongkong.

Sementara itu di kawasan Mong Kok yang pada hari Sabtu lalu terjadi bentrokan antara demonstran dengan warga lokal, sekitar 200 demonstran masih berada di sana.

Pada Minggu malam (5/10), para demonstran di kawasan Central menghancurkan barikade yang mereka buat dan membersihkan jalanan untuk memberi jalan bagi pegawai pemerintah yang akan bekerja keesokan harinya.

Sampai saat ini pemerintah Hongkong tidak menunjukkan tanda-tanda untuk memenuhi aspirasi demonstran bagi pengunduran diri Kepala Eksekutif (gubernur) CY Leung, apalagi mengubah peraturan pemilu lokal yang mengatur keberadaan Lembaga Pemilih untuk menyeleksi kandidat-kandidat Kepala Eksekutif. Dengan jumlah demonstran yang kini menyusut tajam, diperkirakan aspirasi para demonstran itu akan semakin sulit untuk terwujud.

BBC menyebutnya sebagai “akhir permainan yang telah dimulai”.

Pada hari Minggu CY Leung menyerukan para demonstran untuk menghentikan aksinya untuk membiarkan para pegawai pemerintah kembali bekerja dan sekolah-sekolah dibuka kembali. Ia mengancam akan mengerahkan polisi untuk menjamin layanan umum dan pendidikan kembali beroperasi pada hari Senin (6/10).

Sebelumnya Leung telah menawarkan dialog kepada demonstran untuk mengakhiri kebuntuan, namun demonstran menarik diri dari dialog setelah terjadi insiden penyerangan oleh warga lokal yang marah kepada demonstran pada hari Sabtu.

Steve Hui, kepala polisi Hong Kong mengatakan bahwa polisi telah bertekad dan yakin dengan kemampuannya untuk memulihkan ketertiban umum Police.

“Kami memiliki kemampuan untuk melakukan semua langkah yang dibutuhkan,” katanya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL