LiputanIslam.com-Partai Demokrat belum menentukan langkah politik lima tahun ke depan sebagai oposisi atau bergabung dalam koalisi di pemerintahan. Pihak partai pun belum mendapat arahan dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum.

Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari mengatakan para pimpinan Partai Demokrat juga sedang melakukan komunikasi dengan petinggi partai lainnya, namun menyangkut sikap resmi partai menunggu SBY.

Sejauh ini, ia masih enggan berspekulasi mengenai sikap Demokrat melihat dinamika politik yang berkembang, seraya meminta menunggu keputusan resmi SBY.

Baca juga: Diminta Keluar Koalisi, Demokrat Akan Ambil Sikap

Ia menambahkan bahwa SBY saat ini masih berkonsentrasi terhadap kondisi kesehatan ibundanya, Siti Habibah yang tengah sakit keras. Namun dalam waktu dekat SBY akan mengumumkan secara resmi sikap politik untuk lima tahun ke depan.

Sebelumnya, dalam pembukaan Kongres ke-V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019) lalu, pihak Demokrat tidak diundang oleh PDIP.

Menurut Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai ini adalah sinyal PDIP menolak Demokrat bergabung ke koalisi. Ini juga jadi indikasi bahwa perang dingin antara Megawati dan SBY belum cair.

“Demokrat harus siap jadi oposisi atau jalan tengah. Opsinya hanya itu,” kata Adi. (Ay/Antara/Tirto)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*