New York, LiputanIslam.com—Ratusan orang turun ke jalanan New York City pada hari Minggu (23/7/17), untuk mengekspresikan solidaritas terhadap rakyat Palestina yang tengah menghadapi ketegangan dengan rezim Israel.

Para demonstran berjalan bersama dari tempat ikonik kota itu, Times Square, menuju kantor pusat PBB.

Mereka berteriak “Bebaskan Palestinaa!” dan meminta warga dunia untuk memboikot Israel.

Demo seperti ini juga terjadi di Jerman, Inggris, Yordania, Turki, Malaysia, Yaman, dan Iran dalam beberapa hari terakhir.

Di London, orang-orang berkumpul di depan kedubes Israel dan melakukan aksi bakar bendera Israel.

Ketegangan antara pasukan keamanan Israel dengan warga Palestina terjadi setelah Israel membatasi umat muslim yang akan beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa. Bentrokan sporadis itu menyebabkan tiga orang warga Palestina tewas.

Puncak bentrokan terjadi menjelang salat Jumat pada 21 Juli. Polisi Israel membatasi orang-orang yang masuk ke dalam kompleks Kota Tua di bagian Yerusalem Timur. Mereka melarang orang-orang di usia di bawah 50 tahun, masuk ke dalam masjid.

Konflik antara Israel-Palestina di wilayah kompleks Masjid Al-Aqsa bukan baru kali ini saja terjadi. Ketegangan antara Israel-Palestina terlihat dari aksi pembakaran masjid Al-Aqsa pada 21 Agustus 1969. Masjid suci umat Islam itu dibakar oleh zionis asal Australia, Denis Michael Rohan. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL