demo HMI di Cikini (foto: cnnindonesia)

demo HMI di Cikini (foto: cnnindonesia)

Jakarta, LiputanIslam.com--Pengumuman kenaikan harga BBM disambut dengan aksi demonstrasi mahasiswa, mulai dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, hingga Makassar. Para mahasiswa menentang kenaikan harga BBM tersebut. Demo di Tangerang dan Jakarta, sempat ricuh.

Sekitar 100 mahasiswa menggelar aksi menentang kenaikan harga BBM di depan kampus UIN Syarif Hidayatullah, Jl Ir Djuanda, Ciputat, Tangsel, Senin (17/11/2014) sejak pukul 21.00 WIB. Para mahasiswa membakar ban di tengah jalan, berorasi dan menyanyikan yel-yel penentangan. Aksi mereka membuat arus lalu lintas menjadi tersendat.

Saat menjelang tengah malam, kericuhan antara mahasiswa dengan puluhan polisi yang berjaga-jaga sempat pecah. Petugas kepolisian yang dibantu Polda Metro Jaya mencoba membubarkan aksi mahasiwa. Kericuhan berlangsung tidak terlalu lama.

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) juga berdemo di depan SPBU Cikini, Jakarta Pusat. Sejak sekitar pukul 11, puluhan pendemo memblokir jalan dan membakar ban, sambil mendengarkan orasi. Sempat terjadi kericuhan antara mahasiswa dengan awak media yang meliput.  Mahasiswa melemparkan batu kepada awak media, sampai kemudian polisi melerai dengan menyuruh wartawan menjauh.

Sekitar pukul 01.15 WIB, massa mulai membubarkan diri.

“Kita kembali ke sekretariat dan evaluasi pergerakan kita hari ini. Besok habis dzuhur kita aksi lagi di depan istana kawan-kawan,” ucap salah seorang orator melalui mikrofon di pertigaan Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Selasa (18/11/2014).

Satu per satu massa membubarkan diri. Mereka pergi dengan mengendarai sepeda motor masing-masing. Tak lupa mereka memadamkan api, dibantu pihak kepolisian. Mereka menyiram api dengan air mineral yang dibawa oleh polisi. (fa/detik.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL