Washington, LiputanIslam.com—Ribuan pelajar Amerika mogok belajar dan keluar dari kelas mereka untuk memprotes penembakan tragis di SMA Florida pada bulan lalu.

Aksi bertajuk #ENOUGH National School Walkout dimulai pada Rabu (14/3/18) pagi, di mana para pelajar berkumpul di jalanan dan meneriakkan slogan seperti “Kami ingin perubahan.”

Aksi walkout ini dijadwalkan selama 17 menit sebagai bentuk solidaritas atas 17 siswa dan pertugas sekolah yang tewas di SMA Marjory Stoneman Douglas, Parkland, Florida, pada 14 Februari lalu.

Namun, berdasarkan laporan, ada banyak siswa yang memilih tidak masuk kelas sama sekali dan berdemonstrasi seharian.

Meski banyak sekolah mendukung aksi ini, namun ada sejumlah sekolah yang memberikan peringatan disiplin bagi yang mengikuti aksi walkout.

Di antara sekolah yang memperbolehkan siswanya mengikuti aksi adalah SMA Fiorello H. LaGuardia, New York City. Siswa sekolah ini berkumpul di jalanan Manhattan, dengan banyak yang memakai baju oranye, warna gerakan kontrol senjata.

Di Washington, terdapat ratusan pelajar berdiri di depan Gedung Putih dan berteriak “Tidak lagi!” dan “Cukup ialah cukup!” dan membawa plakat bertuliskan “Lindungi Manusia Bukan Senjata.”

“Kami ingin menunjukkan kepada Kongres dan politisi bahwa kami tidak hanya berdiri, kami tidak diam,” demikian kata salah satu peserta aksi, Brenna Levitan, siswa 17 tahun dari SMA Silver Spring, Maryland. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*