cuaca panas indiaNew Delhi, LiputanIslam.com — Setidaknya 500 orang dilaporkan tewas akibat cuaca panas ekstrim yang melanda India, dengan suhu udara yang mencapai 48 derajat Celcius di beberapa wilayah.

Sebagian besar kematian terjadi di wilayah-wilayah selatan India seperti di negara bagian Telangana dan Andhra Pradesh, dimana lebih dari 140 orang tewas sejak hari Sabtu (23/5). Demikian seperti dilaporkan BBC News, Senin petang (25/5).

Di kota Allahabad, negara bagian Uttar Pradesh suhu tertinggi tercatat mencapai 48 derajat Celcius. Sementara di ibukota New Delhi suhu tercatat mencapai 44 derajat celcius, meski berada di kawasan utara yang jauh dengan ekuator.

Pemerintah telah menghimbau warga untuk lebih banyak berada di dalam rumah dan minum air.

Suhu ekstrem itu telah melanda India sejak pertengahan April lalu, namun kematian lebih banyak terjadi dalam beberapa minggu terakhir. Demikian BBC News menyebutkan dalam laporannya.

Sampai saat ini negara bagian Andhra Pradesh menjadi wilayah terparah terkena dampak cuaca ekstrim itu dengan jumlah korban tewas tercatat mencapai 246 orang dalam seminggu terakhir. Pejabat setempat menyebutkan sebanyak 62 orang meninggal pada hari Minggu (24/5) saja.

“Sebagian besar korban adalah orang-orang yang terekspos dengan matahari langsung, biasanya berumur di atas 50 tahun dari kalangan pekerja kasar,” kata P Tulsi Rani, pejabat badan penanggulangan bencana setempat.

“Kami telah menganjurkan mereka untuk memakai alat bantu seperti payung, topi, minum banyak air dan susu serta mengenakan baju katun,” tambahnya.

Media India, The Press Trust of India (PTI) melaporkan cuaca ekstrim membunuh 186 orang di 10 distrik di negara bagian Telangana, 58 di antaranya tewas sejak hari Sabtu lalu.

Di negara Rajasthan yang terletak di barat laut India, juga tercatat sejumlah kematian akibat cuaca panas, termasuk seorang wanita yang jatuh di tengah jalan karena kepanasan, di kota Bundi.

Badan Meteorologi India memperkirakan cuaca ekstrim tersebut masih akan berlangsung selama beberapa hari ke-depan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL