wuhan-yangtze-river-bridge-2Beijing, LiputanIslam.com — Cina mengumumkan rencana pembangunan baru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Dalam rencana tersebut termasuk pembangunan jalur kereta api, jalan raya dan bandara-bandara di sepanjang Sungai Yangtze yang akan menghubungkan wilayah pedalaman yang relatif tertinggal dengan kota paling pesat pertumbuhan ekonominya, Shanghai.

Sementara itu bank sentral Cina juga mengumumkan langkahnya untuk mendorong bank-bank menggelontorkan kreditnya kepada para eksportir demi mendorong pertumbuhan ekspor.

Langkah ini, yang terakhir dari beberapa langkah sebelumnya yang diumumkan dalam beberapa minggu terakhir, muncul di tengah-tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi Cina yang saat ini menempati posisi kedua kekuatan ekonomi global setelah AS.

Pertumbuhan ekonomi Cina mencapai angka 7.4% pada kuartal pertama tahun ini, turun dari pertumbuhan kuartal sebelumnya yang mencapai 7.7%.

Setelah meningkat secara mengesankan selama bertahun-tahun, pertumbuhan ekonomi Cina mengalami perlambatan pertumbuhan beberapa tahun terakhir seiring dengan menurunnya permintaan ekspor di beberapa pasar penting.

Disebut sebagai “golden waterway” program terakhir ini diharapkan mampu mendorong integrasi antara wilayah-wilayah yang tertinggal dengan wilayah-wilayah yang paling makmur di Cina. Demikian laporan kantor berita Xinhua.

Langkah ini juga menunjukkan Cina mulai mengubah orientasinya dari “melihat keluar” menjadi “melihat ke dalam” dengan meningkatkan konsumsi domestiknya. Namun beberapa pakar mengkhawatirkan, saat Cina benar-benar mengubah orientasi ekonominya, pertumbuhan ekonomi justru semakin merosot.

Pada hari Rabu (11/6), pemerintah Cina mengumumkan bahwa pembangunan sistem transportasi di sepanjang Sungai Yangtze akan membantu menciptakan sabuk ekonomi baru di sepanjang sungai terpanjang di Asia ini.

Menurut data resmi pemerintah, 11 provinsi dan kota-kota di sepanjang sungai Yangtze menyumbang 41% GDP Cina.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL