iceland-and-china_s-unlikely-trade-alliance.siBeijing, LiputanIslam.com — Presiden Cina Xi Jinping telah mengangat pejabat Duta Besar baru untuk Islandia menggantikan pejabat lama yang ditangkap karena dugaan tindakan mata-mata.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Reuters, Jumat (17/10), pengumuman pengangkatan Dubes baru untuk Islandia itu dilakukan Kemenlu Cina, Kamis (16/10). Zang Weidong (57 tahun) menjadi Dubes Baru Cina untuk Islandia menggantikan Ma Jisheng yang sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Situs berita berbahasa Cina yang berbasis di New York, Mingjing News, bulan September lalu melaporkan bahwa Ma Jisheng dan istri telah ditangkap oleh aparat keamanan Cina.

Meski dengan pengangkatan pejabat baru ini seolah mengkonfirmasi kebenaran berita yang disebarkan oleh Mingjing News, pemerintah Cina tetap tidak memberikan penjelasan tentang keberadaan Ma.

Menurut berbagai laporan sebagaimana dilaporkan Mingjing News, Ma dicurigai menjadi mata-mata untuk Jepang sejak menjadi pejabat kedutaan Cina di Tokyo antara tahun 2004 dan 2008. Keberadaannya kini menjadi salah satu misteri yang menarik perhatian.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL