china-firm-russia-railway.siBeijing, LiputanIslam.com — Pemerintah Provinsi Jilin, Cina, menawarkan pembangunan jalur kereta api cepat lintas perbatasan ke kota Vladivostok, Rusia timur. Bila terealisir, ini akan menjadi jalur kereta api cepat lintas perbatasan pertama antar kedua negara.

“Kami mempunyai ide untuk membangun jalur kereta api cepat ke Vladivostok. Pada bulan Agustus kami akan membuka jalur baru ke Hunchun. Jika diperpanjang, ini akan menjadi jalur kereta api cepat lintas perbatasan pertama antara Rusia dan Cina,” kata Bayin Chaolu, Wakil Sekretaria Komite Provinsi Jilin, Kamis (21/5), seperti dilansir Russia Today.

Pernyataan itu disampaikan usai pertemuan dengan Gubernur  Provinsi Primorsky Krai, Rusia, Vladimir Miklushevskiy.  Gubernur sendiri mengaku tertarik dengan ide tersebut akan akan membicarakannya dengan CEO Russia Railways, Vladimir Yakunin. Demikian seperti dilansir Russia Today.

Ide tersebut dianggap dapat mempercepat ambisi Rusia untuk membangun koridor-koridor transit internasional di timur jauh Rusia. Demikian kata Miklushevskiy.

Provinsi Primorsky Krai dan Jilin telah menjalin kerjasama sejak tahun 1990-an, mencakup juga kerjasama transportasi dan logistik, pertanian dan pengeolahan kayu.

Sebelumnya baru-baru ini Bejing dan Rusia menandatangani kerjasama pembangunan jalur kereta api cepat pertama Rusia yang menghubungkan kota Moskow dengan Kazan. Cina setuju menginvestasikan sekitar $6 miliar dalam proyek itu selain menyediakan teknologi dan kontraktornya.

Selanjutnya Cina berencana untuk menghubungkan jalur itu menuju Cina sebagai bagian dari proyek Jalur Sutra Cina yang memadukan ekonomi Cina dengan Rusia dan MOngolia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL