kapal vietnamBeijing, LiputanIslam.com — Pasukan pengawal pantai Cina menangkap 6 nelayan Vietnam bersama kapalnya. Demikian keterangan pejabat Vietnam, tentang langkah yang bisa memicu ketegangan baru antara kedua negara.

Vietnam mengklaim para nelayan itu ditangkap di sekitar kepulauan Paracel, wilayah yang menjadi konflik kedua negara yang akhir-akhir ini memanas setelah Cina membangun fasilitas pengeboran minyak di kawasan itu. Namun Cina mengklaim para nelayan ditangkap di perairan dekat Pulau Hainan. Demikian sebagaimana laporan BBC News.

Telah berulangkali kapal-kapal kedua negara terlibat aksi saling tabrak di dekat pengeboran minyak Haiyang Shiyou 981 yang dibuat Cina. Selain itu kerusuhan anti-Cina juga melanda Vietnam yang membuat ratusan pabrik terbakar dan beberapa warga Cina menjadi korban yang tewas.

Menurut laporan-laporan Vietnam, para pelaut menyaksikan penangkapan para nelayan tersebut
ditangkap meski tidak melakukan pelanggaran apapun. Namun jubir kemenlu Cina mengklaim para nelayan itu melakukan kegiatan ilegal di wilayah Cina di dekat Hainan.

Cina telah terlibat konflik wilayah dengan beberapa negara tetangganya di Laut Cina. Namun akhir-akhir ini Cina menunjukkan peningkatan agresifitas. Beberapa waktu lalu Cina mengumumkan perluasan wilayah pertahanan udara yang bertentangan dengan klaim Amerika dan sekutu-sekutunya Korsel dan Jepang.

Filipina yang juga terlibat konflik wilayah dengan Cina telah mengadukan masalah tersebut ke PBB.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL