kevin garrattBeijing, LiputanIslam.com — Pemerintah Cina mengumumkan telah menahan seorang pria warga negara Kanada karena dugaan pencurian data rahasia negara. Namun pasangan pria tersebut telah dibebaskan dengan jaminan.

Seperti dilaporkan BBC News, Jumat (6/2) petang, Kevin dan Julia Garratt, mengelola kedai kopi di kota Dandong di dekat perbatasan Korea Utara. Merekan ditangkap aparat keamanan enam bulan lalu atas dugaan telah mencuri data-data rahasia pertahanan dan militer Cina.

Dalam konperensi pers hari Kamis (5/2) Jubir Kemenlu Cina Hong Lei mengatakan bahwa Kevin Garratt telah ditempatkan di sebuah fasilitas penahanan “atas tuduhan mata-mata dan pencurian rahasia-rahasia negara.” Sementara istrinya, Julia Garratt dibebaskan atas jaminan sebelum menjalani persidangan.

“Kasua relevannya masih dalam penyidikan. Pemerintah Cina akan melindungi hak-hak dan kepentingan mereka sesuai dengan hukum,” tambah Hong.

Pemerintah Kanada mengatakan “sangat prihatin” dengan kasus ini dan akan berusaha “terus mengikutinya”.

“Sementara kami menyambut baik keputusan pembebasan Julia Garratt, pemerintah Kanada akan terus memantau penahanan Garratt,” kata Menteri Muda Luar Negeri Kanada Lynne Yelich kepada Reuters.

“Kami menempatkan kasus ini pada tingkat tertinggi dan akan terus memperhatikannya bersama para pejabat-pejabat senior,” tambahnya.

Sementara itu dalam sebuah pernyataan, pengacara keluarga Garratt mengatakan bahwa pasangan tersebut tidak pernah ditangkap atau dituduh secara resmi dan tidak ada bukti-bukti atas tuduhan mereka.

“Kami menyerukan kepada pemerintah China untuk memastikan bahwa masalah ini ditangani secara transparan dan sesuai dengan hukum Cina dan standar dasar internasional,” kata pengacara James Zimmerman.

Pasangan Garratt telah tinggal bertahun-tahun di Cina sebelum pindah ke Dandong, dimana mereka membuka kedai kopi Peter’s Coffee House. Sementara Dandong adalah kota perbatasan yang strategis dengan Korut yang menjadi transit bagi para pengungsi Korut yang melarikan diri dari negaranya dan dibantu oleh para aktifis yang banyak tinggal di kota itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL