tisu hongkongHongkong, LiputanIslam.com — Polisi menyita ribuan roll dan kotak tisu bergambar pemimpin Hongkong CY Leung, di sebuah pabrik di daratan Cina, Jumat (6/2). Partai oposisi Hongkong mengecam penyitaan tersebut sebagai “pelanggaran kebebasan berekspresi”.

Seperti dilansir BBC News, Minggu (8/2), tisu-tisu yang disita itu sebanyak 7.600 roll dan 20.000 kotak. Semuanya bergambar wajah CY Leung. Tisu-tisu ini dipesan oleh Partai Demokrat Hongkong yang berencana menjual tisu-tisu itu dalam sebuah pameran minggu depan.

CY Leung yang dianggap terlalu pro-Cina menjadi figur yang kurang populer di kalangan aktifis pro-barat. Berbagai produk yang mengolok-olok dirinya telah banyak dijual dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam sebagian tisu tersebut tergambar wajah Leung dengan tulisan “Pembohong” di pelipisnya. Sebagian lainnya menggambarkan wajah Leung yang seperti srigala.

Partai Demokrat Hongkong mengatakan tisu-tisu sejenis telah dijual selama pameran tahun baru Cina tahun lalu dan bermaksud akan mengulanginya lagi tahun ini untuk mendapatkan dana.

Lo Kin-hei, wakil ketua Partai Demokrat Hongkong mengatakan pihaknya telah menghabiskan $12.900 untuk memesan tisu-tisu itu yang kini menguap begitu saja.

Sampai saat ini belum ada keterangan dari otoritas keamanan Cina maupun Hongkong.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL