china chief inteligentBeijing, LiputanIslam.com — Otoritas tertinggi penyidik Cina mengumumkan tengah menyidik dugaan korupsi yang dilakukan oleh Kepala Badan Inteligen Ma Jian. Ma Jian dicurigai telah melakukan “pelanggaran serius” atas hukum.

Ma menjadi pejabat tinggi terakhir yang menjadi target pemberantasan korupsi yang digelar oleh Presiden Xi Jinping, meski sebagian pengamat menyebut langkah tersebut bermotif politik untuk menyingkirkan lawan-lawan potensialnya. Ma Jian adalah Wakil Menteri Keamanan Nasional yang bertugas mengawasi operasi-operasi inteligen dalam dan luar negeri. Demikian BBC News melaporkan, Sabtu (17/1).

Tidak ada keterangan lebih rinci tentang kasus ini yang diberikan oleh Komisi Pusat Pengawasan Disiplin, namun dari informasi yang disampaikan itu bisa diindikasikan kuat bahwa Jian terlibat dalam kasus korupsi dan penyalahgunaan jabatan.

Laporan-laporan tentang penyelidikan ini mulai muncul awal bulan ini ketika surat kabar South Cina Morning Post melaporkan adanya keterkaitan inteligen dengan kasus korupsi yang melibatkan konglomerat teknologi.

Sejak menduduki jabatannya tahun 2012, Presiden Xi Jinping telah menyatakan tekadnya untuk memberantas korupsi tanpa pandang bulu hingga ke akar-akarnya. Ia menyebut pejabat-pejabat tinggi yang bakal ditindak dengan istilah macan.

Dalam beberapa bulan terakhir sejumlah pejabat tinggi tumbang dari kursinya karena terjerat kasus korupsi. Yang paling senior adalah Zhou Yongkang, mantan Menteri Keamanan Publik. Bulan ini para penyidik juga mengumumkan penyidikan terhadap Zhang Kunsheng, mantan asisten menteri luar negeri.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*