wang yiBeijing, LiputanIslam.com — Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi menyatakan negaranya siap membantu Rusia jika diperlukan, namun ia percaya bahwa Rusia dapat mengatasi masalah ekonominya sendiri. Demikian sebagaimana dilansir Antara dengan mengutip dalam surat kabar pemerintah, Senin, (22/12).

Mata uang Rusia, Rubel yang juga menjadi mata uang bersama dengan Belarus dan Transnistria telah menurun sekitar 45 persen terhadap dolar tahun ini, setelah terjadi penurunan yang sangat curam awal pekan lalu. Meskipun begitu, Presiden Rusia Vladimir Putin menolak untuk menyebutnya sebagai krisis dan mengatakan mata uang mereka akhirnya akan bangkit kembali.

Sebagaimana dilaporkan surat kabar China Daily, Menlu Cina Wang Yi mengatakan bahwa Rusia juga memiliki “kebijaksanaan” untuk keluar dari kesulitan tersebut.

“Jika Rusia membutuhkan (bantuan) kami akan memberikan bantuan yang diperlukan sesuai kemampuan kami,” katanya, mengingat bahwa kedua negara telah secara konsisten membantu satu sama lain.

Pekan lalu, Menteri perdagangan Cina Shi Guangsheng mengusulkan untuk lebih banyak menggunakan mata uang Cina, Yuan, dalam perdagangan dengan Rusia guna menghadapi melemahnya Rubel demi memastikan perdagangan yang aman dan dapat diandalkan.

Cina dan Rusia memiliki hubungan diplomatik dan ekonomi yang erat, terutama di sektor energi. Namun, Cina tidak turut campur tangan dalam krisis Rusia atas masalah Ukraina, mencoba untuk tidak memihak justru mengusulkan pembicaraan demi menyelesaikan masalah tersebut.

Nilai Ekspor Cina ke Rusia naik 10,5 persen dan impor naik 2,9 persen dalam tiga kuartal pertama tahun ini dari periode yang sama pada tahun 2013, dengan total perdagangan senilai 70,78 juta dolar AS.

Regulator valuta asing Cina mengatakan pekan lalu bahwa mereka memonitor penurunan nilai tukar Rubel tetapi tidak melihat dampak yang signifikan terhadap arus modal lintas-perbatasan, demikian laporan Reuters.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL