reklamasi pulau cinaBeijing, LiputanIslam.com — Pemerintah Cina mengumumkan akan segera menyelesaikan proyek-proyek reklamasi pulau di Laut Cina Selatan. Demikian BBC News melaporkan, Selasa (16/6).

Dalam pernyataan Kementrian Luar Negerei Cina tersebut tidak disebutkan secara rinci pulau mana di antara 7 pulau karang yang tengah direklamasi oleh Cina, serta tenggat waktunya.

“Cina akan menyelesaikan proyek reklamasi dengan segera sebagai bagian dari pembangunan Laut Cina Selatan di Kepulauan Nansha (Spratlys),” demikian pernyataan Kemenlu Cina, hari Selasa.

“Saat reklamasi selesai, pembangunan akan dimulai untuk memenuhi fungsi-fungsi yang relevan,” tambah pernyataan itu.

AS dan negara-negara tetangga Cina yang bersengketa atas kepemilikan Kepulauan Spratlys menuduh Cina tengah membangun fasilitas militer di pulau yang direklamasi tersebut. Cina mengklaim pembangunan itu untuk keperluan pertahanan, penalitian, dan penanganan bencana.

Konflik kepemilikan pulau-pulau tersebut melibatkan AS yang mereka berhak untuk melindungi keamanan sekutu-sekutunya di kawasan. Dalam minggu-minggu terakhir terjadi sejumlah insiden yang melibatkan kapal-kapal dan pesawat-pesawat kedua negara di kawasan tersebut.

Cina mengklaim sebagian besar pulau-pulau di kawasan Laut Cina Selatan sebagai wilayahnya. Hal itu ditentang oleh Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei yang juga mengklaim sebagai pemilik sebagian pulau-pulau tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL