cina pakistanIslamabad, LiputanIslam.com — Presiden Cina Xi Jinping tengah berada di Pakistan dimana ia akan mengumumkan investasi infrastruktur besar-besaran Cina senilai $46 miliar di Pakistan.

Kantor berita BBC News melaporkan, Senin (20/4), fokus utama investasi tersebut adalah pembangunan China-Pakistan Economic Corridor (CPEC), yaitu jaringan jalan raya, jalan kereta api dan jaringan pipa  yang menghubungkan kedua negara.

Jaringan instrastruktur besar-besaran itu akan membentang dari kota Gwadar di Pakistan menuju Provinsi Xinjiang Cina sejauh 3.000 km. Proyek ini akan memberikan Cina akses langsung ke Samudra Hindia.

BBC menyebut proyek ini sebagai kemajuan besar dalam rencana Cina untuk meningkatkan pengaruhnya di kawasan Asia Tengah dan Asia Selatan, jauh melampaui investasi AS yang ditanamkan di Pakistan.

“Pakistan, bagi Cina, kini adalah negara yang sangat penting. (Proyek) ini harus berhasil dan akan berhasil,” kata Mushahid Hussain Sayed, Ketua Komisi Pertahanan Parlemen Pakistan sebagaimana dikutip Reuters.

Di sisi lain Pakistan, sangat berharap investasi besar-besaran Cina ini akan mendorong pertumbuhan ekonominya yang tertatih-tatih akibat ketidakstabilan politik yang mengakibatkan negara itu mengalami krisis energi yang serius.

Investasi yang bakal ditanamkan Cina itu hampir senilai akumulasi investasi langsung asing yang diterima Pakistan sejak tahun 2008. Para pengamat memperkirakan investasi besar-besaran itu akan mendorong Pakistan mengalami ‘keajaiban ekonomi’ dalam 4 tahun mendatang.

Namun sebagian pangamat menkhawatirkan bahwa Pakistan tidak mampu memanfaatkan investasi tersebut untuk mendorong perekonomiannya, terkait dengan ketidakstabilan sosial-politik serta masalah korupsi yang masih belum bisa diatasi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL