china-4Beijing, LiputanIslam.com — Cina, Rusia dan sekutu-sekutu mereka yang tergabung dalam forum kerjasama Shanghai Cooperation Organization (SCO), bakal menggelar latihan perang besar-besaran di bulan Agustus ini. Demikiana laporan kantor berita RIA Novosti, Jumat (22/8).

Sebagaimana dilaporkan RIA dengan mengutip keterangan pejabat Rusia, latihan perang tersebut merupakan salah satu dari 2 latihan perang besar-besaran yang bakal digelar Rusia tahun ini.

“Semua kegiatan yang direncanakan oleh kementrian pertahanan untuk tahun 2014 akan digelar sesuai rencana,” kata sumber pertahanan Rusia.

Kedua latihan perang tersebut adalah “Vostok-2014” yang akan digelar pertengahan September mendatang. Latihan ini digelar secara internal bagi unit-unit militer Rusia. Namun belum ada informasi lebih detil tentang latihan ini. Adapun yang terdekat adalah latihan perang bersandi “Peace Mission” yang akan digelar di Mongolian Zhurihe Training Base di utara China tanggal 24-29 Agustus mendatang.

Menurut keterangan pejabat Rusia, ini adalah latihan perang anti-terorisme yang melibatkan 7.000 personil dari negara-negara anggota SCO seperti Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan China. Ini akan menjadi latihan perang SCO terbesar selama ini.

Awal Agustus lalu media Rusia melaporkan rangkaian kereta api mengangkut 1.000 personil militer Rusia dari Distrik Militer Timur menuju lokasi latihan di Zhurihe Training Base di Cina utara.

Zhurihe Training Base adalah tempat latihan militer terbesar Cina dengan luas 1.000 km persegi yang sejak tahun 2003 dibuka untuk tempat latihan negara-negara mitra Cina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL