aiib cinaBeijing, LiputanIslam.com — Cina meresmikan lembaga keuangan internsional yang dianggap sebagai pesaing IMF dan Bank Dunia, Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), Jumat kemarin (25/12). Bank ini diharapkan mulai beroperasi awal tahun depan. Demikian seperti dilaporkan Press TV.

“AIIB resmi berdiri setelah ‘Articles of Agreement’ mulai berlaku hari ini,” kata Menteri Keuangana Cina Lou Jiwei seperti dikutip Xinhua.

Operasional bank ini akan dimulai dengan pertemuan Dewan Direktur dan Dewan Eksekutif pada tanggal 16-18 Januari mendatang, tulis Xinhua.

AIIB adalah lembaga keuangan internasional yang digagas Cina dengan tujuan membiayai proyek-proyek infrastruktur di kawasan Asia Pasifik. Pada bulan Oktober 2014, ‘Articles of Agreement’ pembentukan bank ini ditandatangani oleh 21 negara pendirinya. Pada pertengahan tahun ini dokumen itu ditandatangani oleh 50 negara pendiri. Sejauh ini 17 negara telah meratifikasinya.

AIIB akan bermarkas di Beijing dan dijalankan oleh Dewan Direktur lintas negara. 55% saham AIIB dimiliki oleh negara-negara kawasan Asia, sisanya dimiliki negara-negara non-Asia.

Lembaga keuangan ini dipandang sebagai saingan lembaga-lembaga keuangan yang telah mapan seperti Bank Dunia, Asian Develompement Bank, dan IMF. AS dan sekutu-sekutunya bahkan melihatnya sebagai alat politik Cina untuk meningkatkan pengaruhnya di kawasan. Demikian Press TV menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL