cina trainBeijing, LiputanIslam.com — Cina meresmikan sekaligus 32 jalur kereta api cepat baru, Rabu (10/12). Di antara jalur baru itu termasuk jalur yang menghubungkan antar kota-kota utama Cina Shanghai dan Guangzhou yang berdekatan dengan HOngkong.

Sebagaimana laporan Russia Today, jalur baru yang menghubungkan Shanghai dengan Guangzhou berjarak 1.106 mil akan bisa ditempuh dalam waktu 6 jam 51 menit. Sebelumnya jarak yang sama harus ditempuh dalam waktu 16 jam.

Jalur-jalur baru kereta api cepat itu merupakan bagian dari program pemerintah untuk melipat gandakan jalur kereta api cepat, meski saat ini Cina telah memiliki jaringan kereta api cepat terpanjang di dunia.

Laporan-laporan menyebutkan Cina akan menggabungkan 2 perusahaan pembuat kereta api terbesarnya untuk membuatnya lebih kompetitif di pasar internasional maupun domestik.

Cina merupakan operator kereta api tercepat di dunia dengan beberapa jalurnya dilayani oleh kereta api dengan kecepatan melebihi 350 km per-jam. Selain itu Cina juga menjadi negara satu-satunya di dunia yang mengoperasikan kereta api Maglev yang bisa melaju hingga kecepatan 430 km per-jam.

Otoritas perhubungan Cina berambisi kuat untuk membangun jalur kereta api cepat yang menghubungkan Cina dengan Rusia hingga AS melalui Selat Bering yang memisahkan Siberia, Rusia dengan Alaska, AS. Cina juga berambisi membangun jalur kereta api cepat menuju Singapura dan London.

Baru-baru ini perusahaan pembuat kereta api Cina CNR Corp berhasil memenangkan kontrak penjualan 284 gerbong penumpang kereta api cepat kepada operator kereta api Boston Metro, senilai $537 juta. Namun proyek pembangunan jalur kereta api cepat di Mexico senilai $3,75 miliar yang dimenangkan perusahaan Cina, dibatalkan secara sepihak oleh Mexico karena alasan transparasi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL