cina vietnam clashBeijing, LiputanIslam.com — Cina tengah memindahkan fasilitas pengeboran minyak lepas pantai (rig) dari lokasi yang memicu ketegangan dengan Vietnam di dekat Kepulauan Paracel. Cina menyebutkan rig tersebut telah selesai menjalankan pekerjaannya.

Dalam sebuah pernyataan, Cina National Petroleum Corp (CNPC) menyebutkan pihaknya kini tengah meneliti data-data yang didapatkan melalui rig tersebut. Demikian laporan BBC News mengutip kantor berita Xinhua, Rabu (16/7).

Sementara itu satuan pengawal pantai Vietnam melaporkan kepada kantor berita Reuters bahwa rig tersebut kini telah ditarik ke arah Pulau Hainan, Cina. Komandan pasukan pengawal pantai Vietnam, Admiral Ngo Ngoc Thu, menambahkan bahwa rig tersebut telah mulai dipindahkan sejak hari Selasa (15/7).

Menurut pernyataan CNPC, dari sampel tanah yang diperoleh diketahui tanda-tanda cadangan migas di lokasi rig tersebut berada selama ini.

“Kami akan meneliti data-data yang diperoleh dan memutuskan langkah selanjutnya,” kata jubir CNPC.

Cina menempatkan rig Haiyang Shiyou 981 di wilayah konflik dengan Vietnam di dekat kepulauan Paracel awal bulan Mei lalu. Langkah tersebut sontak menimbulkan reaksi keras Vietnam hingga terjadi aksi-aksi kerusuhan anti-Cina yang menewaskan 2 warga Cina di Vietnam. AS menyebut langkah Cina tersebut sebagai “provokatif dan agresif”.

Selanjutnya kapal-kapal milik Cina dan Vietnam terlibat bentrokan di sekitar rig tersebut berada. Selain saling menyemprotkan air tekanan tinggi, kapal-kapal kedua negara juga terlibat saling tabrak. Setidaknya sebuah kapal nelayan Vietnam tenggelam ditabrak kapal pengawal pantai Cina.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL