new citizenBeijing, LiputanIslam.com — Cina menjatuhkan hukuman penjara terhadap 3 aktifis anti korupsi “New Citizens Movement”.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita BBC, Kamis (19/6), 2 orang di antara ketiga aktifis tersebut dijatuhi hukuman 6,5 tahun penjara dan aktifis ketiga mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Beberapa waktu terakhir ini “New Citizens Movement” gencar menyerukan agar para pejabat mengumumkan jumlah kekayaannya.

Pemerintah Cina diketahui gencar melancarkan gerakan anti-korupsi dengan menjatuhkan hukuman berat terhadap sejumlah besar pejabatnya. Namun mereka tidak mentolerir gerakan serupa dilakukan warga negaranya.

Ketiga aktifis tersebut di atas ditangkap setelah beraksi dengan spanduk yang menuntut pengumuman daftar kekayaan para pejabat. Mereka selanjutnya diajukan ke pengadilan sejak akhir tahun lalu di pengadilan kota Xinyu, Provinsi Jiangxi.

Pada saat yang sama para pengacara aktifis mengkritik beberapa masalah prosedural yang dihadapi mereka dan klien mereka, dan menyatakan ketidak puasan atas keputusan pengadilan yang menjatuhkan hukuman kepada kliennya.

Ketiga aktifis dituduh dengan pasal berlapis-lapis dengan tuduhan utama “menciptakan gangguan umum “. Liu dan Wei juga menghadapi beberapa tuduhan tambahan selain tuduhan utama.

Pemimpin Cina Jinping melancarkan kampanye anti-korupsi sejak menjabat tahun 2012. Namun pada saat bersamaan ia juga menangkapai para aktifis anti-korupsi. Sebelumnya beberapa aktifis “New Citizens” juga sudah dipanjara.

Pada bulan Juli tahun lalu pengacara terkenal Xu Zhiyong, salah seorang pendiri gerakan tersebut ditangkap karena tuduhan “mengumpulkan orang untuk membuat kekacauan”.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL