roket cinaBeijing, LiputanIslam.com — Badan Antariksa Cina (China Aerospace Science and Technology Corporation / CASC) berencana akan menempatkan kendaraan robot atau rover di permukaan Planet Mars pada tahun 2020, guna melengkapi misi pembangunan stasiun luar angkasa di planet itu pada tahun 2022.

Demikian pernyataan Ketua CASC Lei Fanpei dalam paparan singkat yang dirilis media di Beijing, Selasa (9/12), sebagaimana dilansir Antara.

Fanpei menambahkan bahwa studi kelayakan untuk membangun stasiun luar angkasa di Mars terus dilakukan dan telah selesai.

“Ini merupakan misi pertama ke Mars. Guna melengkapi misi tersebut, kami berharap dapat menempatkan rover di Mars pada 2020, dan bisa membangun stasiun luar angkasa di sana pada 2022,” ujarnya.

Fan Lei mengatakan sebelum menempatkan kendaraan robotik di Mars untuk mengetahui kondisi di planet merah tersebut, pihaknya akan melakukan misi orbiter di orbit Martian pada 2020, menggunakan roket Long March-5.

“Peluncuran akan dilakukan di Pusat Peluncuran di Hainan,” ujarnya menambahkan.

Beberapa tahun lalu, Cina telah berhasil meluncurkan rover yang dikenal dengan Yutu. Rover ini sukses mendarat serta menjelajahi permukaan bulan.

Sebelum mewujudkan misi tersebut, Cina sudah mengagendakan misi penelitian asteroid yang berada di dekat Bumi, Venus, Jupiter, kemudian Mars dengan roketnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL