thediplomat_2014-11-04_05-43-56-386x256Mexico City, LiputanIslam.com — Pemerintah Mexico mengumumkan telah memilih perusahaan China Railway Corp untuk membangun jalur kereta api cepat pertama di negara itu. Demikian situs The Diplomat melaporkan, Rabu (5/11).

Jalur kereta api cepat itu akan menghubungkan ibukota Mexico City dengan kota industri Queretaro di utara Mexico, sejauh 210 km. Proyek ini akan dimulai bulan Desember dan diharapkan akan rampung pada tahun 2017 dengan total biaya $3,75 miliar.

Bagi Cina sendiri ini adalah proyek pembangunan kereta api cepat pertama di Amerika Latin setelah sebelumnya telah memenangkan beberapa proyek sejenis di bagian dunia lainnya.

Pemerintah Mexico berharap kereta api yang dibangun nanti bisa berjalan dengan kecepatan hingga 300 km per-jam, membawa 23.000 penumpang setiap harinya dan memangkas waktu tempuh kedua kota dari 2,5 jam menjadi hanya 58 menit.

Menurut Kementrian Transportasi Mexico, awalnya terdapat 16 perusahaan yang tertarik dengan proyek ini, termasuk Siemens Jerman dan Mitsubishi Jepang, yang lebih berpengalaman dalam pembuatan kereta api cepat. Namun hanya BUMN Cina itulah yang bisa memberikan penawaran sesuai batas waktu tanggal 15 Oktober lalu.

Menurut The Diplomats, kemenangan China Railway Corp dipengaruhi oleh dukungan pembiayaan pemerintah Cina yang siap menyediakan 85% dari seluruh biayanya melalui Export-Import Bank of China.

Di sisi lain, keengganan pesaing Cina untuk lebih serius memberikan penawaran disebabkan oleh besarnya risiko pembangunan proyek semacam itu di Mexico, negeri yang tengah dilanda “perang narkoba” dimana penculikan, pemerasan dan pembunuhan menjadi suatu hal yang biasa terjadi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL