su rongBeijing, LiputanIslam.com — Seorang pejabat senior Cina telah dipecat dari jabatannya di Partai Komunis Cina karena dakwaan korupsi. Demikian keterangan badan anti korupsi negara itu seperti dilansir kantor berita Iran Press TV, Senin (16/2).

Pejabat tersebut, Su Rong, adalah Wakil Ketua Badan Pengawas Parlemen. Badan anti-korupsi Central Commission for Discipline Inspection (CCDI) mengatakan ia telah menggunakan kekuasaannya untuk mendapatkan “sejumlah besar uang suap”.

Media pemerintah pada tahun 2014 lalu telah mengumumkan dilakukannya penyelidikan atas dugaan korupsi yang dilakukannya. Akibat tindakannya itu disebutkan bahwa negara harus menanggung kerugian besar. Sejak itu ia telah dipecat dari jabatannya.

Su, yang sebelumnya adalah pejabat tinggi Partai Komunis di Provinsi Jiangxi juga didakwa telah menjadi “biang korupsi” di Provinsi Jiangxi. Media Cina bulan November 2014 lalu melaporkan bahwa sejumlah pejabat yang terkait dengan Su di Jiangxi telah ditangkap.

Sejak dipimpin oleh Presiden Xi Jinping pada tahun 2012 lalu, Cina telah melancarkan kampanye pembersihan pejabat-pejabatnya yang korup. Puluhan orang telah didakwa dan dijatuhi hukuman atas kejahatan mereka. Bahkan para tersangka yang telah melarikan diri ke luar negeri pun tetap dikejar-kejar aparat penegak hukum Cina. Tahun lalu sejumlah tersangka korupsi berhasil diekstradisikan kembali ke Cina.

Su dianggap sebagai salah satu pejabat tertinggi yang terjerat kasus korupsi setelah kepala keamanan dan anggota pulitbiro Zhou Yongkang yang ditangkap akhir tahun lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL