Chris-Patten-007Beijing, LiputanIslam.com — Pemerintah Cina hari Rabu (5/11) mengecam mantan pemimpin Hongkong era kolonial Inggris, Sir Chris Patten, dan memintanya untuk menghentikan tindakannya memprovokasi gerakan “ilegal” Occupy Central di Hong Kong.

“Sebagai gubernur terakhir era kolonial Inggris di Hongkong, ia seharusnya sadar dengan perannya dan mengetahui dengan jelas atas perubahan masa,” kata Jubir Kemenlu Cina Hong Lei dalam konperensi pers harian yang digelar hari Rabu, sebagaimana dilaporkan BBC News.

Sebelumnya, Patten yang menjadi saksi penyerahan kekuasaan Inggris di Hongkong kepada Cina tahun 1997, mengatakan bahwa Inggris harus mengingatkan Cina tentang persoalan Hongkong, yaitu bahwa Cina memiliki sejumlah kewajiban terhadap Inggris selama 50 tahun.

“Gerakan sebulan Occupy Central adalah ilegal. Pemerintah Cina mendukung pemerintahan khusus Hong Kong untuk mengatasi masalah ini berdasarkan hukum yang berlaku,” tambah Hong.

“Hong Kong adalah wilayah administratif khusus Cina. Tidak ada pemerintahan asing, organisasi atau rakyat manapun yang boleh mengintervensi Hong Kong,” tambahnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL