Menlu Korut dan dan China berjabat tangan

Beijing, LiputanIslam.com– Pemerintah Cina telah mengungkapkan rasa frustrasi mereka terhadap tingkah laku AS dan Korea Selatan yang dinilai menyebabkan meningginya ketegangan di Semenanjung Korea.

Dalam sebuah statemen yang dilasir koran berita Global Times, Cina memperingatkan presiden AS  pada Jumat (11/8/17) bahwa mereka akan membantu militer Korea Utara jika AS meluncurkan serangan untuk “menjatuhkan rezim Korut,”

Jika AS dan Korea Selatan melemparkan serangan untuk menjatuhkan rezim Korea Utara dan mengubah peta politik di Semenanjung Korea, Cina akan mencegah mereka melakukan itu,” tegas pemerintah Cina.

Namun di saat yang sama, Cina menegaskan secara jelas bahwa mereka lebih memilih penyelesaian konflik secara diplomatik dan mempertahankan status quo, dengan memperingatkan Kim Jong Un agar “tetap bersikap netral jika Korut menyerang duluan.”

Kini, ketika Korut tengah mempersiapkan serangan rudal ke Guam, AS juga bersiap dengan melakukan latihan militer dengan Jepang dan Korea Selatan. (ra/mintpress)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL